Sssssttt! Sekarang, Pria Pun “Wajib” KB

MUARA ENIM – Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H.M Nazir menilai, jumlah program Keluarga Berencana (KB) pria atau disebuat Medis Operasi Pria (MOP) masih minim.

“Jumlah MOP se-Kabupaten Muara Enim ini masih sangat minim, namun untuk jenis KB lainnya jumlahnya cukup tinggi,”ungkap Nazir, Selasa (19/4).

Hingga kini, KB MOP hanya ada 924 orang. Namun untuk KB jenis suntikan mencapai 35.878 orang, KB jenis suntikan ini tertinggi. Lalu disusul KB jenis Pil sebanyak 29.949 orang dan implan sebanyak 24.997 orang. Sisanya, IUD, kondom, MOW mencapai 102.658.

Menurutnya, minimnya jumlah KB MOP ini lantaran terkendala beberapa faktor di lapangan, diantaranya dalam keluarga istri tidak mengizinkan suaminya untuk ber-KB. Selanjutnya, kurang sadar akan pentingnya KB khusus pria, dan untuk mencabut KB MOP biayanya cukup mahal.

Meski begitu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi KB MOP, sehingga jumlah KB aktif khusus pria ini akan terus bertambah. Apalagi, sasaran KB MOP merupakan keluarga yang sudah memiliki anak lebih dari 3 atau 4 orang, namun usianya masih produktif.

Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H. M Nazir

Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan
dan Perlindungan Anak (BKBPPP) Muara Enim H. M Nazir

“KB pria yang dikenal MOP ini sangat bermanfaat. Apalagi dalam mensukseskan program KB. Dengan dua anak cukup, tentu kesejahteraan berkeluarga dapat tercapai. Dan lagi, dapat menekan jumlah pertumbuhan penduduk,”jelasnya.

Ditambahkannya, Pemkab Muara Enim terus berupaya menyukseskan program KB dengan metode berbagai macam.

Sehingga masyarakat bisa memilih jenis KB yang diinginkan. Bentuk penghargaannya, Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar diberikan penghargaan Satya Lencana Wira Karya Oleh Presiden RI 2015 lalu.

“Kita berharap, pada seluruh masyarakat untuk aktif dalam mengikuti program KB. Apalagi, di usia produktif yang tentu dapat terus menambah jumlah anak jika tidak mengikuti KB,” pungkasnya. (Amr)

Sssssttt! Sekarang, Pria Pun “Wajib” KB,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: