Jodie: Tidak Ada Napi Yang Kabur Di Kerusuhan Lapas Banceuy

Situasi Terkini Kebakaran Lapas Banceuy

Situasi Terkini Kebakaran Lapas Banceuy. (@RTMC_PoldaJabar)

JBerita.com – Lembaga Permasyarakatan kembali tercoreng pasca kerusuhan yang baru saja terjadi di Lapas kelas II A Banceuy yang berlokasi di Bandung – Jawa Barat. Menurut Irjen Pol Jodie Rooseto, tidak ada satu pun penghuni penjara Lapas itu yang melarikan diri.

Saat keadaan mencekam, aparat dengan sigap datang untuk menangani kerusuhan Lapas Banceuy tempat para Napi melakukan aksi anarkis dengan membakar bangunan serta melakukan pelemparan terhadap petugas jaga. Keadaan yang masih rusuh membuat tim pemadam kebakaran sulit mematikan api.

Dari wawancara dengan TV One, Sabtu, 23-04-2016, Jodie berujar “Aparat mengetahui kerusuhan di Lapas tepat pada pukul 08:00 WIB. Keadaan memang sangat tidak terkendali. Gedung utama Lapas sudah terbakar parah. Bahkan gedung di bagian belakang dari gedung utama nyaris roboh”.

Lanjut Jodie “Kita menyaksikan dengan kepala sendiri bahwa gerbang utama lapas nyaris jebol. Para napi yang mencoba melarikan diri berhasil aparat cegat”. Para aparat pun mengendalikan para napi yang marah untuk menjauh dari gerbang agar tim pemadam kebakaran bisa masuk dan melaksanakan tugasnya.

“Amarah para napi amat sulit dikendalikan namun dengan personil keamanan yang cukup mereka bisa dipukul mundur untuk kembali masuk ke dalam Lapas,” imbuh Jodie.  Polisi, seperti prosedur standar, menggunakan bom asap dan juga peluru karet untuk menangani kasus kerusuhan itu.

“Negosiasi dengan para napi sudah dilakukan namun mereka tetap beringas sehingga saya memutuskan bahwa situasi ini harus ditindak tegas. Dan mental para napi turun seketika saat melihat bom asap dan peluru karet mulai digunakan aparat,” Ungkap Jodie pada  sesi wawancara.

Usai situasi terkendali, penggeledahan kemudian dilakukan dan hasilnya banyak ditemukan ponsel, senjata tajam dan korek api. Semua hasil temuan itu merupakan larangan di setiap Lapas.

Untuk menghindari keadaan yang bisa memanas kembali, Polda Jawa Barat sudah disiagakan sebanyak dua kompi. Sampai berita ini diturunkan, Lapas Banceuy sudah dalam keadaan aman terkendali dan pengawasan ketat napi akan terus dilakukan dalam beberapa hari kedepan.

Jodie: Tidak Ada Napi Yang Kabur Di Kerusuhan Lapas Banceuy,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: