Kronologi Singkat Kerusuhan di Lapas Banceuy

BANDUNG – Kepulan asap terlihat dari kejauhan di Lapas Banceuy yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Bojong Kidul, Bandung. Kejadian ini tepat pada pagi hari Sabtu, 23 April 2016.

Melihat kejadian ini, lima mobil dari tim pemadam kebakaran terjun ke lokasi kerusuhan yang menimbulkan pembakaran beberapa gedung di Lapas Bancuy.

Pasukan Sat Sabhara Kepolisian Jawa Barat pun mendatangi tempat kerusuhan yang merupakan Lembaga Permasyarakatan khusus para pengguna dan pengedar Narkoba.

Kalapas Banceuy, Agus Irianto, mengatakan kerusuhan di Lembaga Permasyarakatan ini dimulai dari aksi saling lempar para Warga Binaan yang menghuni beberapa blok. Dari kejadian rusuh itu, ada beberapa orang yang diduga melakukan pembakaran fasilitas Lapas dengan menyulut korek api.

Lapas Banceuy BandungTerbakar, Sabtu (23/04/2016)

Lapas Banceuy BandungTerbakar, Sabtu (23/04/2016)

Ada teriakan dari Blok B lapas Banceuy yang katanya ada pembunuhan. Mereka berteriak bahwa Abah Undang yang diberitakan gantung diri ternyata meninggal akibat penyiksaan para sipir di sel pengasingan.

Di atas adalah kronologi terjadinya kerusuhan yang tentu saja semakin mecoreng reputasi Lembaga Permasyarakatan yang memang terkenal selama ini amat buruk. Penyiksaan para napi dan juga penyelundupan Narkoba serta pemerasan warga binaan memang kerap terjadi di Lapas.

Kerusuhan yang menyebabkan Gedung Utama lapas terbakar kini sudah mulai kondusif karena Polda Jawa Barat dengan sigap menangani kasus ini hingga menggunakan peluru karet dan bom asap. Penjagaan ketat Lapas hingga kini masih dilakukan untuk mencegah suasana panas kembali.

Awal dari kerusuhan ini, tim pemadam kebakaran sulit masuk ke dalam lapas karena para napi mencegah mereka masuk di gerbang utama. Namun, polisi dengan sigap memukul mundur semua tahanan sehingga pemadaman bisa dilakukan.

Kasus kerusuhan di Lapas Banceuy ini tentu harus membuat perhatian pihak yang berkepentingan. Tentu saja tak boleh lagi terjadi kerusuhan yang menelan kerugian baik secara materi maupun mental. Lembaga Permasyarakatan harus segera berbenah dari banyak sisi sehingga hal serupa tak akan terjadi lagi di waktu yang akan datang.

Kronologi Singkat Kerusuhan di Lapas Banceuy,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: