Luhut Panjaitan Meminta Semua Buron Khususnya yang Di Luar Negeri Untuk Segera Menyerahkan Diri

JBerita.com – Menangkap buronan kelas kakap tampaknya masih akan terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Sebagian kini masih berada di luar negeri dan karena itu, Luhut Binsar Panjaitan, Menko Polhukam, meminta supaya semua buronan pemerintah dengan cepat menyerahkan diri.

Ujar Luhut di tempat ia ngantor “Itu merupakan perintah dari presiden. Salah satunya untuk menangkap buronan yang ada di luar negeri adalah bekerjasama dengan pemerintah Singapura. Kami benar-benar menghimbau agar semua buronan yang kabur agar cepat kembali ke Indonesia untuk menyerahkan diri”.

Sama sekali tidak ada perlakuan spesial bagi para buronan kelas kakap. Mereka semua harus menjalani proses hukum sesuai Undang-Undang yang berlaku untuk mempertanggung jawabkan kesalahan yang mereka lakukan.

“Jalani semua proses hukum dan saya tidak akan memperlakukan mereka dengan cara yang berbeda dengan palaku pelanggar hukum lainnya,” tegas Luhut Panjaitan.

Menkopolhukam Luhut Binsasr Panjaitan

Menkopolhukam Luhut Binsasr Panjaitan

“Semua buron harus patuh dengan Undang-Undang yang ada dan selayaknya mereka menghadapi konsekwensi sebagai orang yang melakukan pelanggaran,” Tegas Luhut.

Pada kenyataanya, memang masih banyak para pelaku pelanggaran hukum di negeri ini yang belum bisa ditangkap. Uang banyak yang mereka miliki membuat mudah untuk melarikan diri ke luar negeri.

Kasus pencucian uang Bank Century yaitu Hendro Wiyanto dan Anton Tantular adalah beberapa yang masih buron dan sekarang masih berada di luar negeri. Kedua orang tersebut sudah divonis bersalah dengan hukuman 14 tahun penjara. Sidang pengadilan kedua pelaku dilakukan di PN Jakarta Pusat pada Agustus 2015 lalu.

Tentu pemerintah harus bertindak tegas karena pelaku kejahatan yang bebas kabur begitu saja akan merusak citra penegakan hukum di negeri ini. Sama sekali tak boleh pandang bulu untuk menegakkan keadilan. Yang salah harus tetap salah dan dihukum sesuai aturan yang berlaku di negeri ini.

Langkah Jokowi memerintahkan Menko Polhukam tentu saja tepat karena selama ini memang banyak buron yang bisa hidup nyaman di luar negeri tanpa terdeteksi.

 

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: