Kereta Api Barang Terguling Dan Anjlok Menggangu Perjalanan Kereta Ke Semarang

JBerita.com – Kembali kecelakaan kereta api terjadi. Kali ini bukan kereta penumpang yang mengalami apes tapi kereta pengankut baja coil. Kecelakaan terjadi pada hari Senin 25 April 2016, tepatnya di stasiun Batang Jawa Tengah. Dilaporkan tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Meskipun demikian, sejumlah kereta akhirnya mengalami keterlambatan.

“Empat gerbong anjlok dan enam yang terguling. Untuk sisa gerbong yang tidak anjlok dan terguling akan segera ditarik untuk menuju Surabaya,” Jelas Gatut Sutiyatmoko kepada Metrotvnews.Com. Gatut sendiri merupakan Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop Semarang.

Yang pasti kini penanganan intensif terus dilakukan oleh PT KAI agar bisa memindahkan gerbong yang terguling dan anjlok. Namun Gatut memastikan tidak akan ada hambatan untuk kereta api lain yang mau lewat karena bisa menggunakan Single Track.

“Tidak terlalu ada gangguan hanya keterlambatan tentu saja akan terjadi karena pemindahan dari Double Track ke Single Track memerlukan cukup waktu. Yang terkena imbas bukan saja kereta yang menuju Semarang tapi juga yang menuju ke Surabaya,” Imbuh Gatut.

Kecelakaan Kereta Api Bermuatan barang di sekitar 500 meter sebelah barat Stasiun Batang, Jawa Tengah.

Kecelakaan Kereta Api Bermuatan barang di sekitar 500 meter sebelah barat Stasiun Batang, Jawa Tengah.

Kejadian anjloknya kerta ini terjadi tepat pada pukulu 09:30 WB. Menurut sebuah sumber, ada total 15 gerbong yang ada di kereta api ini. “Jalur hulu barat ke timursedang rinja yang mengakibatkan halangan jalan,” Terang Gatut. Yang dimaksud Gatut dengan rinja adalah rintangan jalan yang mana jalur itu belum bisa dilalui.

Untuk mempercepat evakuasi  beberapa gerbong yang anjlok, Crane yang berasal dari Cirebon dan Solo sudah didatangkan oleh PT KAI. Gatut juga mengatakan usaha terbaik akan dilakukan agar keterlambatan jadwal pemberangkatan kereta api bisa diminimalisir.

Kejadian anjloknya kerta api ini tentu harus menjadi bahan evaluasi para pemegang kepentingan bahwa pengawasan dengan ketat amat diperlukan. Untung saja tidak ada korban nyawa pada anjloknya kerta barang ini. Sebelum nasi menjadi bubur, evaluasi berkala memang sangat diperlukan agar sistem perkeretaapian di negeri ini semakin bagus.

Kereta Api Barang Terguling Dan Anjlok Menggangu Perjalanan Kereta Ke Semarang,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: