Google Ikut Memperingati Hari Lahir Clude Shannon

Google Peringati Ulang Tahun Yang ke 100 Claude Shannons

Google Peringati Ulang Tahun Yang ke 100 Claude Shannons

JBerita.com – Lihat di mesin pencari Google, ada Doodle atau logo berwarna biru yang cukup menarik dan aneh terpampang. Ada sebuah ikon Play memisahkan kata Goo dan Gle. Bila icon tersebut ditekan, maka anda akan menyaksikan seorang pria yang sedang memainkan bola sirkus.

Kode angka  1,0 dan 0 bisa anda lihat selain itu anda juga bisa menemukan kode + di telinga sosok itu. Ternyata simbol itu dimaksudkan Google untuk merayakan seorang matematikawan yang amat tersohor bernama Claude Shannon. Pada hari sabtu, 30 April 2016, Shannon yang terkenal amat jenius ini merayakan hari ulang tahun ke-100.

Shannon sendiri juga dikenal sebagai ahli eletro kriptografer selain matematikawan. Dan julukan sebagai bapak Teori Informasi disandangnya karena kecerdasannya. Ia merupakan salah satu penemu paling diakui dan produktif di bidang informasi.

Teori digital sirkuit dan komputer digital adalah penemuan Shannon yang paling terkenal. Kedua teori yang sampai saat ini masih digunakan itu dikemukan ke hadapan publik pada tahun 1937. Menurut banyak orang, Shannon adalah super jenius. Bagaimana tidak ? Pada usia yang masih sangat belia yaitu 21 tahun, ilmuwan ini sudah berhasil meraih gelar Master di sebuah perguruan tinggi terbaik dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology.

Google Peringati Ulang Tahun Yang ke 100 Claude Shannons

Doodle Claude Shannons

Badan pertahanan nasional AS sendiri menggunakan jasa Shannon untuk analisa pengkodean yang ia lakukan selama perang dunia ke-2. Kemampuannya memecahkan kode ikut andil dalam mengamankan sistem telekomunikasi AS pada saat itu.

Shannon sendiri sebenarnya lahir di Michigan tepatnya di Patoskey Amerika Serikat. Shannon meninggal dunia tepat pada tahun 2001 di Medford yang termasuk bagian Massachusetts, AS.

Meskipun ilmuwan cerdas itu telah tiada, semua pemikirannya kini masih diekenang dan digunakan. Apa yang kita pakai di dunia komputer kini adalah hasil dari pemikiran Shannon dan itulah kenapa Google merayakan secara khusus atas sumbangsih sang ilmuwan itu. Tentu saja seorang jenius seperti Shannon patut dihargai karena bagaimanapun ia telah membantu revolusi keilmuan sehingga menjadi lebih canggih.

 

Google Ikut Memperingati Hari Lahir Clude Shannon,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: