Jokowi : Pedagang Pasar Harus Memanfatkan Jasa Perbankan Untuk Lebih Maju

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Budaya Mama-Mama Papua, Sabtu (30/04/2016)

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Budaya Mama-Mama Papua, Sabtu (30/04/2016). (pskotanews)

JBerita.com – Jokowi terus berupaya melaksanakan program yang telah ia buat semenjak terpilih. Kali ini, ia memerintahkan Rini Soemarno selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara untuk menjalankan program penggunan jasa perbankan bagi para pedagang tradisional.

“Saya sendiri sudah menyampaikan bahwa modal khusus memang harus ada untuk kredit usaha rakyat. Pedagang tradisional tidak boleh kolot dan karena itu harus ada yang membimbing tentang arus uang keluar dan masuk,” Ungkap presiden Jokowi.

Pernyataan tersebut dibuat Jokowi kala meresmikan sebuah pasar tradisinal yang ada di Jayapura. Pasar itu diberi nama pasar Pharaa. Sang presiden memang optimis suku bunga yang murah hanya mencapai 9 per sen per-tahun akan bisa dimanfaatkan oleh para pedagang di pasar agar bisa menggunakan kesempatan bisnis yang artinya pendapatan pun akan meningkat.

Di sisi lain, rendahnya suku bunga akan bisa memacu pertumbuhan ekomomi nasional yang signifikan. “Bukan saja fisiknya yang perlu kita ubah, tapi juga dari sisi yang tak terlihat seperti manajemen dan juga pendampingan serta permodalan agar mereka bisa tumbuh dengan baik,” tambah Jokowi

Penting bari para pedangang di pasar untuk sadar akan perbankan. Karena hal ini akan lebih banyak mendatangkan kemudahan. Proses transaksi akan lebih mudah dan tentu saja mendapatkan modal juga memungkinkan dengan kedekatan dengan perbankan.

Program Jokowi untuk membuat masyarakat khususnya para pedagang pasar agar Bankable juga akan diterapkan untuk para nelayan. Program ini sendiri bukan saja hanya untuk Papua yang menjadi target tapi juga provinsi lain.

‎Program Jokowi memang selama ini dikenal merakyat. Kemampuannya untuk menyentuh strata masyarakat paling bawah membuat ia dikagumi. Tapi semua belum bisa dibilang berhasil karena tolak ukurnya adalah kesejahteraan.
Apaun itu, tetap saja program merakyat Jokowi harus kita dukung seperti memberi akses masyarkat kecil untuk medapatkan modal melalui KUR. Bila ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan para pelaksana di lapangan jujur tidak mencari pungutan liar, maka semua akan mejadi lebih baik. Kita tunggu apakah program Bankable jokowi ini berhasil membuat rakyat tambah sejahtera atau malah membuat kondisi lebih susah.

 

Jokowi : Pedagang Pasar Harus Memanfatkan Jasa Perbankan Untuk Lebih Maju,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: