Nyeri Saat Menstruasi Tiba, Yoga Solusinya

Ilustrasi Saat menstruasi tiba

Ilustrasi Saat menstruasi tiba

JBerita.com – Rasa nyeri selalu mendatangi setiap wanita yang mengalami datang bulan, hal ini dikarenakan adanya peredaran darah yang keluar tidak lancar. Hal ini wajar terjadi, karena hormon estrogen dan progesteron menurun selama masa menstruasi.

Ketika menstruasi ini datang, dapat juga mempengaruhi kondisi psikis dengan berubahnya mod yang tidak stabil. Banyak wanita mengurangi aktivitas pada saat menstruasi datang, padahal ini bisa memicu rasa nyeri terus bertambah. Selain itu juga ada beberapa gejala yang timbul akibat Haid, diantaranya pusing, mual, cepat stress/depresi, cepat lelah, payudara membengkak dan nyeri pada bagian perut bawah.

Yudhi Widyantoro selaku Founder Komunitas Yoga Gembira, justru menyarankan kepada semua wanita untuk melakukan gerakan-gerakan kecil seperti Yoga guna memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi nyeri yang terjadi. Selain itu juga Yudhi menganjurkan wanita yang sedang mengalami haid ini untuk rutin minum bahan alami seperti kunyit.

OT Group menyelenggarakan sebuah kampanye “Stay Fresh and Healthy with Kiranti” dan mengajak sejumlah wanita untuk melakukan yoga secara bersama-sama di Plaza Semanggi di Lantai paling atas, Jakarta (30/4/2016) seperti di kutip dari laman liputan6.com.

Yoga Pose: Janu Sirsasana (yogajurnal)

Salah satu Yoga Pose: Janu Sirsasana (yogajurnal)

Salah satu gerakan yoga yang berfungsi untuk mencegah nyeri haid ini adalah gerakan Janu Sirsasana (head to knee pose), dimana gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk. Kemudian salah satu kaki diluruskan dan kaki satunya dilipat hingga mengenai paha sebelahnya. Selanjutnya sentuh ujung kaki yang diluruskan dengan tangan dan cium lutut. Ulangi gerakan tersebut untuk kaki sebelahnya.

Menurut Yudhi, “Setiap gerakan yoga mempunyai efek terafis yang memiliki fungsi memperlancar peredaran darah keseluruh anggota tubuh. Selain itu Yoga dapat membantu mengatur emosi dengan baik”.

Nyeri Saat Menstruasi Tiba, Yoga Solusinya,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: