Penolakan Penggunaan Winglet oleh Rossi dan Marc Marquez

Rossi dan Marc Marquez tolak menggunakan Winglet

Rossi dan Marc Marquez tolak menggunakan Winglet. (motorsport)

JBerita.com – Wacana penggunaan winglet atau sayap Aerodinamis ternyata mengundang reaksi. Adalah Valentino Rossi yang menyuarakan penolakannya karena si rider beranggapan perangkat ini bisa membahayakan penunggang motor lain. Suara senada juga diungkapnan Marc marquez dan ia berharap Winglet tidak digunakan di Moto GP.

Selain persoalan keamanan, Marquez juga menyatakan bahwa balapan tidak akan nyaman karena akan berjalan monoton. Winglet pada sebuah motor bisa menghalangi pembalap untuk menyalip motor yang ada di depan.

“Pendapat orang berbeda-beda tentang pemasangan Winglet, tapi bagi saya akan lebih baik bila motor di Moto GP tidak dipasang, Overtake akan lebih sulit dilakukan bila Winglet dipasang di Moto GP. Akselerasi akan berlebihan sehingga membahayakan,” Ungkap Marc

Dani Pedrosa pun juga tidak setuju dengan pengaplikasian Winglet pada sebuah motor. Ia mengatakan Winglet akan sangat berpotensi untuk menyenggol pembalap lain saat melakukan manuver atau menyalip. Masalah turbulensi juga akan terjadi menurut Dani sehingga pembalap yang ada di belakangnya akan terancam bahaya.

“Sudah terbukti di beberapa balapan Winglet amat membahayaka. Lihat saja bagaimana Ianone menyentuh motor saya dengan menggunakan Winglet dan untungnya saya tidak menggunakan Winglet yang besar saat tabrakan dengan Dovizioso. Saya pribadi tidak menyukai Winglet. Alat ini hanya pas untuk pengembangan saja bukan di dunia balapan,” Papar Pedrosa.

Masih menjadi polemik memang penggunaan Winglet di dunia balap Moto GP dan tersebar kabar pada 2017, perangkat itu tak boleh digunakan lagi pada saat balapan. Dani sendiri amat setuju pada tahun 2017, Winglet tidak digunakan dan yang menjadi sorotan utamanya adalah alasan keamanan dan susahnya melakukan Overtake.

Marc Marquez menyatakan kembali “ Banyak hal yang mempengaruhi mood saya membalap saat menggunakan Winglet. Feel bermotor saya jadi berbeda dan juga saya merasa buruk di lintas balapan pada beberapa bagian namun waktu yang dicatatkan sama”

Tentu suara-suara sumbang dari para rider Moto GP itu harus menjadi perhatian pelaksana balapan motor paling akbar ini. Dan pemaksaan tentu tidak patut dilakukan karena memang sisi negatif yang didapat lebih banyak dari sisi positifnya.

Penolakan Penggunaan Winglet oleh Rossi dan Marc Marquez,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: