OtomotifTips dan Trik

Cara Mencuci Mobil Agar Mengkilap dan Tidak Baret

JBerita.com – Ternyata cara mencuci mobil yang benar ada tipsnya juga lho, supaya tidak baret dan hasilnya bisa kinclong dan mengkilap. Jadi bukan asal semprot dan mengguyur dengan air lalu selesai.

Berikut beberapa tips mencuci mobil yang benar

    1. Cuci mobil kamu ditempat yang beratap dan terlindung dari paparan sinar matahahari langsung. Kamu tahu maksudnya apa?. Ya, ini dilakukan agar terhindar dari efek waterspot bila mobil disiram basah dan belum sempat dilap kering. Apa itu efek waterspot?. Waterspot adalah noda yang tertinggal dari air yang mengering di bodi atau kaca mobil. Pernah melihat noda bintik-bintik seperti noda debu setelah mencuci mobil?. Itulah efek waterspot.
    2. Utamakan mencuci bagian yang paling kotor. Mulailah mencuci area kolong mobil terlebih dahulu baru ke bagian atas. Semprot dan disiram lebih dulu agar debu-debu larut terbawa air. Sebab, debu-debu tersebut bisa membuat scrath halus atau baret pada bodi mobil saat sedang dicuci. Karena itu, supaya mencuci mobil tidak baret, poin ini sangat penting dilakukan.
    3. Gunakan shampo khusus untuk mencuci mobil kamu. Hal ini bertujuan untuk menjaga lapisan cat pada mobil kamu supaya tidak baret. Zat dan bahan yang ada didalam shampo mobil dapat menambahkan efek kinclong. Beberapa merek shampo mobil terkenal dan banyak direkomendasikan diantaranya KIT Wash & Wax, KIT Waterless Car Wash atau 3M Car Wash Soap Gold Series dengan harga puluhan ribu saja. Kemudian ada harga shampo mobil ratusan ribu yang bisa menjadi pilihan yaitu Gold Class Car Wash Shampoo & Conditioner. Semua merek shampo mobil masing-masing punya kelebihan.
    4. Gunakan air PAM dan jangan sesekali menggunakan air asin karena bisa menyebabkan karat pada bodi mobil.
    5. Lakukan pemolesan dengan cat wax untuk mendapatkan hasil cuci mobil benar-benar bersih. Ini juga bisa melindungi lapisan dan menampilkan efek gloss yang enak dipandang mata.
    6. Lap mobil yang sudah dicuci. Gunakan lap kering yang lembut seperti kanebo atau lap microfiber. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadi baret pada mobil dan menghilangkan efek waterspot setelah mencuci mobil.

Baca: Cara menghilangkan bekas stiker di mobil

Gunakan cara mencuci mobil diatas untuk menjaga kualitas cat mobil yang kamu cuci. Supaya tidak baret, hasilnya bisa kinclong dan lebih mengkilap.

Baca juga: Cara membersihkan mesin mobil

Pastinya, kamu bisa mencuci mobil sendiri dirumah dengan menyenangkan. Mendapatkan hasil maksimal, alih-alih membawanya ketempat pencucian mobil terdekat dan mengeluarkan biaya. Semoga tips ini bisa bermanfaat.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Mencuci Mobil Agar Mengkilap dan Tidak Baret". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!