Waspadai Bahaya Hipertensi, Kenali Penyebab dan Cara Pengobatannya

Penyebab Darah Tinggi dan Cara Mengobatinya.

Pola Makan Tak Sehat dan Obesitas Picu Hipetensi atau Tekanan Darah Tinggi. (shutterstock)

JBerita.com – Merupakan sebuah realita bahwa penyakit darah tinggi tidak dianggap sebagai sesuatu yang serius oleh banyak orang. Masyarakat hanya tahu bahwa orang yang darah tinggi akan mudah marah. Padahal sebenarnya penyakit darah tinggi merupakan pemicu dari beberapa panyakit berbahaya. Disfungsi ereksi dan penyakit stroke adalah dua penyakit yang sering dimulai dengan darah tinggi.

Terkait dengan bahaya hipertensi, sebuah organisasi yang menyebut dirinya ISH mendeklarasikan Word Hyperetension Day yang diperingati pada 17 Mei setiap tahunnya di seluruh dunia. 2005 adalah tahun pertama peringatan World Hypertension Day. Dan tentu saja tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap darah tinggi yang dianggap sebagai silent killer.

Di dalam dunia medis sendiri, hipertensi memang tidak dianggap agen pembunuh namun beberapa penyakit berbahaya sering disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Sebut saja stroke dan serangan jantung yang memang disebabkan oleh hipertensi.

Penderita hipertensi sendiri diperkirakan terus meningkat. Di tahun 2000 saja diperkirakan hipertensi sudah mengidap sebanyak 972 juga orang dan diperkirakan pada tahun 2025 akan menjadi1,56 miliar. Ini artinya dalam 25 tahun akan terjadi peningkatan sebesar 25 persen untuk orang yang akan mengidap hipertensi.

Dengan perayaan hari hipertensi sedunia, memang diharapkan angka penderita penyakit ini akan menurun. Dan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mengurangi hipertensi adalah dengan rutin melakukan cek tensi.

Seorang dokter profesional bernama Melanie VenDemark mengatakan “Banyak orang yang abai dengan penyakit hipertensi bahkan pandangan yang salah terhadap penyakit ini membuat tidak adanya usaha untuk mencegahnya,“.

Penyebab hipertensi sendiri kerap tidak diketahui. Namun faktor genetika, pola makan yang tak sehat serta kegemukan kerap dituding menjadi faktor meningkatnya tensi darah seseorang.

Baca juga : Empat Makanan Ini Bantu Turunkan Hipertensi.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Secara rutin mengecek tekanan darah seseorang akan bisa menyelamatkan hidup. Pernyataan itu dibuat oleh VenDemark pada suatu kesempatan. Dan memang satu cara untuk mencegah hipertensi adalah mengetahui tekanan darah pada suatu waktu dan kemudian melakukan pencegahan agar tidak menjadi lebih buruk bagi kesehatan.

Waspadai Bahaya Hipertensi, Kenali Penyebab dan Cara Pengobatannya,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: