Awan Panas Sinabung Kembali Menelan Korban

Awan Panas Gunung Sinabung.

Awan Panas Gunung Sinabung Telan Korban Jiwa.

MEDAN – Gunung Sinabung di Sumatera Utara meletus lagi. Seperti biasa, karakter letusan gunung ini yaitu dengan mengeluaran awan panas. Namun sayang letusan kali ini menyebabkan korban meninggal sebanyak 7 orang.

Letusan gunung sinabung sendiri terjadi pada hari Sabtu, 21 Mei 2016. Tentu saja letusan ini mengagetkan warga sekitar sehingga korban yang tak sempat lagi menyelamatkan diri karena kecepatan awan panas sangat tinggi.

Humas dari Polda Sumatra Utara, Sari Ginting, mengatakan ada sekitar 9 warga yang menjadi korban letusan gunung Sinabung. Enam diantaranya sudah dinyatakan tewas di tempat akibat terjangan awan panas. Beberapa diantaranya adalah Ersada Ginting, Mulia Ginting, Karman Maliala, Leo Parangin-angin dan Irwansyah Sembiring.

Sedangkan Ibrahim sembiring sendiri tewas saat sedang mengalami perawatan di rumah sakit akibat luka bakar parah yang dialaminya.

Rumah sakit Efarina Etaham menjadi tempat perawatan 2 korban lainnya yang sedang kritis yaitu Cahaya Boru Tarigan dan Cahaya Sembiring. Mereka sedang dalam perawatan intensif agar bisa mendapatkan kesembuhan meski luka bakarnya cukup parah.

Lokasi kejadian sendiri ada di desa Gember yang jaraknya hanya 5 kilo meter dari puncak Sinabung. Sebenarnya tempat kejadian perkara tersebut adalah zona merah yang dilarang untuk dilakukan aktifitas. Namun korban meninggal tetap tidak mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah daerah.

Mereka yang meninggal sebenarnya sedang beraktifitas melakukan pekerjaan sehari-hari. Secara tiba-tiba awan panas meluncur sehingga tak sempat lagi melarikan diri. Para korban sendiri ditemukan gosong terbakar karena tingginya suhu awan panas dari Gunung sinabung.

Portal sendiri sebenarnya sudah dipasang oleh pemerintah sebagai penanda zona itu adalah area berbahaya. Namun, beberapa warga desa masih suka melanggar peraturan yang ada sehingga kejadian seperti ini terjadi lagi yang mengakibatkan korban meninggal.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Tentu kesadaran warga akan ancaman awan panas harus ditingkatkan. Letusan Sinabung dengan karakter awan panas memang sudah diprediksi meskipun ada badan yang memantau. Salah satu cara yang bagus adalah dengan mematuhi aturan zona terlarang. Pemerintah pun harus melakukan pemantauan sehingga zona terlarang di sekitar gunung tak mudah dimasuki warga.

Awan Panas Sinabung Kembali Menelan Korban,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: