Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Anda Lakukan

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Intensitas dan timing tepat menggosok gigi pengaruhi kesehatan gigi Anda. (wikipedia)

JBerita.com – Memang betul bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus. Hal ini ternyata berlaku juga bagi Anda yang biasa menggosok gigi berlebihan.  Gosok gigi yang bagus sendiri adalah yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu setelah Anda melakukan sarapan pagi dan juga sebelum tidur. Cara tersebut penting karena gigi yang sering digosok pun tak bagus karena bisa menipiskan lapisan luar gigi yang disebut enamel.

Namun sayang kurangnya informasi yang benar membuat banyak orang yang menyikat gigi berlebihan. Kebanyakan mereka menggosok gigi setiap habis makan. Beberapa ahli sendiri mengatakan bahwa menyikat gigi dengan cara yang tidak benar akan berdampak pada kesehatan gigi.

Orang yang menggosok gigi berlebihan akan mengakibatkan enamel gigi menjadi lebih tipis sehingga gigi pun akan menjadi lebih sensitif.  Kerusakan seperti korosi kemudian akan muncul bila hal ini menjadi kebiasaan. Makanan yang asam cederung lebih cepat merusak enamel gigi sehingga penyikatan setelah mengkonsumsinya perlu dilakukan.  Namun ada sebuah cara agar penggosokan gigi saat makan asam justru tidak merusak gigi Anda.

Itulah mengapa para ahli menyarakan agar penyikatan gigi dilakukan setidaknya tiga puluh menit atau lebih setelah seseorang makan asam. Alasannya adalah kondisi gigi akan lebih netral sehingga saat digosok enamel gigi tak akan mudah terkikis.

Saat seseorang makan asam, PH pada mulut akan berubah yang semula 7 menjadi 2.5. Ini tentu diperlukan waktu yang cukup untuk membuatnya netral dan karena itu penggosokan gigi diperlukan sebuah jeda khususnya pada saat makanan asam dikonsumsi.

Salah satu cara cepat untuk menetralkan PH pada mulut yaitu dengan menggunakan obat kumur yang tentu saja bisa ditemukan di banyak tempat.  Berkumur juga baik agar plak yang ada pada gigi bisa berkurang sehingga kesehatan terjaga.

Baca juga: Bolehkah Anak Memasang Behel atau Kawat Gigi?.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Nah, selain memperhatikan jumlah sikat gigi dalam sehari tentu saja menyikat dengan timing yang tepat juga harus dilakukan. Jangan sampai gigi Anda rusak karena Anda melakukan hal salah namun karena kurangnya informasi terus Anda lakukan sehingga struktur gigi menjadi rusak.

Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Anda Lakukan,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: