Ini Cara Mudah Membedakan Daging Babi Dan Daging Sapi

Petugas Dari Dinas Peternakan Memperlihatkan Perbedaan Antara Daging Babi dan Sapi

Petugas Dari Dinas Peternakan Memperlihatkan Perbedaan Antara Daging Babi dan Sapi. (imam w – detik)

SURABAYA – Kasus pencampuran daging sapi dan daging babi kembali terjadi. Kali ini di Surabaya, seorang pedagang melakukan hal itu yang tentu saja merugikan masyarakat khususnya kaum muslim.  Kejadian tersebut tentu membuat masyarakat was-was karena mereka takut daging yang dikomsumsi merupakan daging oplosan.

Daging sapi dan babi sendiri sebenarnya memiliki perbedaan. Karena itu, bila dilakukan pengamatan secara detail akan terlihat perbedaannya. Dengan pengetahuan ini, akan menjadi mudah untuk memutuskan apakah akan membeli atau tidak.

Nuriah yang merupakan juru bicara dari dinas kesehatan Provinsi JawaTimur mengatakan bahwa dari bau saja sudah bisa dibedakan apakah itu daging sapi atau bukan. Sehingga masyarakt perlu memahami seperti apa bau daging sapi dan juga daging babi.

Cara Membedakan Daging Babi dan Sapi

Perbedaan Tekstur Daging Babi dan Sapi. (senkom.or.id)

Warna juga bisa dijadikan pembeda antara daging babi dan sapi. Pada daging sapi, warna cenderung merah yang cerah, baunya sendiri khas sapi dan juga seratnya terlihat jelas dan kasar. Sementara pada daging babi, merah pucat yang cenderung keputihan menjadi ciri warna daging babi. Bau amis juga menjadi ciri khas utama daging babi selain serat daging yang cenderung lebih halus.

Perbedaan Lemak Daging Babi (kiri) dan Daging Sapi (kanan)

Perbedaan Lemak Daging Babi (kiri) dan Daging Sapi (kanan).

Sementara daging celeng atau babi hutan, warnanya merah cerah hampir seperti daging sapi, baunya juga amis dan seratnya kasar mirip daging sapi.

Perbedaan Serat Daging Babi (kiri) dan Daging Sapi (kanan)

Perbedaan Serat Daging Babi (kiri) dan Daging Sapi (kanan).

“Bila pembeli mau mengamati dengan teliti, semua karakter daging sapi dan babi pasti bisa dibedakan,” ungkap Nuriah.

Salah satu yang bisa dijadikan pendeteksi daging merupakan oplosan adalah harga yang ditawarkan penjual. Bila jauh lebih murah dari harga pasar, bisa dipastikan daging itu mencurigakan karena daging babi sendiri harganya murah sehingga saat dioplos mungkin sekali harganya jadi turun.

“Yang pasti segala kecurigaan terkait daging oplosan harus dilaporkan ke polisi atau ke kami sehingga secepatnya ditangani,” ungkap Nuriah.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Penggunaan daging babi sebagai campuran daging sapi memang tak dibenarkan apalagi ini menjelang bulan Ramadhan. Masyarakat harus jeli membedakan kedua daging itu agar tak mudah tertipu tentunya. Dan bila melihat hal yang mencurigakan, masyarakat juga jangan tinggal diam, laporkan ke pihak terkait.

Ini Cara Mudah Membedakan Daging Babi Dan Daging Sapi,

Rating : 4.64 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: