Cara Mudah Dan Efektif Mencegah Kepikunan di Usia Tua

Cegah Kepikunan di Usia Tua

Cegah Kepikunan di Usia Tua. (ilustrasi)

JBerita.com – Kepikunan adalah salah satu hal yang wajar saat seseorang masuk ke usia senja. Namun Anda yang mulai merasa pikun karena usia tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk mengurangi hal tersebut.

Salah satu upaya yang bisa digunakan untuk melatih daya ingat agar tidak pikun akut adalah dengan mengerjakan teka teki silang. Hal ini akan mempertajam daya ingat karena merupakan brain exercise yang amat diperlukan oleh otak.

Dr. Siti Setiati yang merupakan ketua PERGEMI membenarkan pernyataan di atas. “Olahraga atau gerakan tentu dapat membuat aliran darah lebih lancar ke otak sehingga oksigen akan didapat dengan cukup. Makanan yang sehat juga penting selain aktivitas yang merangsang otak untuk terus bekerja,” ungkap Siti saat ditemui di kantornya yaitu Kementrian Kesehatan RI.

Siti sendiri juga menyarankan agar para orang tua tak berheti belajar. Tentu tujuan dari hal ini adalah agar otak pada orang yang lanjut usia terus melakukan aktivitas. Dengan cara simpel ini, otak tak akan mudah pikun atau daya ingatnya akan menjadi kuat.

“Dengan membaca sesuatu yang bersifat baru atau bukan hal yang sama dilakukan berulang ulang, orang tua bahkan perlu sekolah lagi tentu saja sekolah khusus untuk merangsang otak,” ungkapnya.

Bukan hanya merangsang otak dengan belajar saja tapi melakukan permainan online atau game yang ada di laptop, orang yang sudah masuk usia tua bisa melakukan pencegahan terhadap kepikunan.

Siti mengatakan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merangsang otak pada orang usia tua yaitu dengan tak berhenti belajar, memainkan game lewat ponsel atau laptop.

Inti dari semuanya adalah otak jangan dibiarkan tanpa aktifitas sehingga kepikunan akan bisa dikurangi. Banyak permainan dan bacaan yang bisa digunakan orang tua untuk terus memberi rangsangan pada otak. Bila konsisten dilakukan, kepikunan akan terus berkurang namun hal ini tetap diperlukan kemauan yang keras agar hasilnya maksimal.

Cara Mudah Dan Efektif Mencegah Kepikunan di Usia Tua,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita Infotainment dan Lifestyle menjadi makanan sehari-hari cewek yang gemar traveling ini.

Copyright by: