Akhir Zaman Es di Planet Mars Terungkap oleh Citra Satelit

Gambar Simulasi 3D Siklus Iklim Debu dan Es di Tudung Kutub Planet Mars

Gambar Simulasi 3D Siklus Iklim Debu dan Es di Tudung Kutub Planet Mars. (NASA)

JBerita.com – Sebuah analisa dari citra radar mengungkapkan berakhirnya zaman es yang ada di planet Mars. Itu merupakan sebuah siklus perubahan iklim yang dialami oleh Mars yang merupakan tentangga planet kita.

Citra radar sendiri mengamati tudung es yang ada di kutub Mars. 370.000 tahun yang lalu diduga sebagai masa dimana es di Mars mulai menyusut. Hasil ini dipublikasikan pada jurnal science. Masa itu pula mejadi akhir zaman es di planet ini.

87.000 kubik es ada di beberapa kutub Mars. Hal ini dianalisis dengan menggunakan sebuah satelit yang mengorbit di planet itu. Tudung es bagian utara lah yang paling banyak menyisakan es sebelum zaman es berakhir.

Pengukuran es memang digunakan oleh para ahli saat ini. Tujuannya untuk menentukan model iklim di planet itu. Simulasi komputer kemudian membantu dalam proses analisisnya agar lebih akurat. Isaac Smith adalah pemimpin dari tim yang melakukan analisa es terkait planet Mars.

Menurut Nasa, pada petang hari temperatur Mars bisa mencapai 20 derajat celcius di ekuator. Atau minus 153 derajat celcius di daerah kutub. Pada penelitian ini, Smith juga menemukan bahwa pada tudung es bagian utara planet Mars, ditemukan beberapa lereng dramatis pada lapisan esnya.

Terdapat juga beberapa lapisan yang aliran esnya berlawanan arah. Perubahan yang terjadi pada orbit menentukan silus iklim dan juga hal ini dipengaruhi oleh kemiringan Mars. Kemiringan akan mengakibatkan berapa banyak cahaya matahari yang mencapai permukaan planet itu.

Perubahan dramatis terjadi di planet mars karena iklinasi planet ini bisa berubah 60 derajat. Dan itu jauh lebih miring dibandingkan bumi yang hanya mencapai dua derajat.

Baca juga: Kehidupan di Mars Terbukti Berkat Adanya Metana.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Penelitian yang dilakukan Smith sendiri ingin ia coba di setiap lapisan yang ada di Mars sehingga bisa melakukan analisis akurat. Dengan melakukan penelitian secara detail, maka akan bisa ditentukan seperti apa planet Mars pada zaman dahulu yang tentu saja bisa menentukan apa yang akan terjadi di bumi pasa masa yang akan datang.

Akhir Zaman Es di Planet Mars Terungkap oleh Citra Satelit,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: