Ternyata Ada Korelasi Positif Antara ASI Dan Infeksi Telinga

Manfaat ASI Untuk Kesehatan Bayi

ASI Dapat Mencegah Infeksi Telinga dan Mengobati Diare Pada Bayi. (ilustrasi: ist)

JBerita.com – Secara rutin memberikan ASI pada bayi ternyata lebih bagus dibandingkan memberi susu formula yang harganya tentu tak murah. Tumbuh kembang bayi akan lebih baik bila para ibu rutin memberi bayi ASI. Ternyata ada manfaat lain yang bisa didapat bayi bila diberi ASI. Salah satunya adalah mencegah infeksi telinga. Belum lagi resiko diare bisa diturunkan dengan memberi ASI.

Dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Pediatrics, bayi yang diberi ASI dalam satu bulan, infeksi telinga bisa menurun hingga angka 4 persen. Penelitian itu sendiri menggunakan sampel dengan melibatkan 491 ibu.

Infeksi telinga juga turun hingga 17 persen dengan pemberian ASI selama enam bulan. Di sisi lain, bayi yang mendapatkan susu formula secara rutin pada satu bulan pertama, resiko terkena infeksi telinga bisa meningkat sampai 14 persen.

Sarah Smith yang merupakan seorang peneliti dari The Research Institute of Colombus – Amerika Serikat mengatakan “Belum jelas diketahui apa korelasi antara infeksi telinga dengan susu formula. Namun kami bisa melihat penggunaan susu tersebut bisa menyebabkan dampak negatif pada seorang bayi”.

Penggunan botol pada susu formula yang diduga menjadi permasalahannya. Ini disinyalir saat transfer susu formula dari botol ke mulut bayi, tekanan negatif terjadi sehingga telinga lebih mudah terinfeksi.

Berbagai peyakit memang bisa dicegah dengan peggunaan ASI secara rutin. Diare, buktinya, bisa diatasi bahkan dicegah bila ASI rutin diberikan. Tentu dengan satu syarat bahwa ibu yang menyusui juga sedang dalam keadaan sehat. Menurut penelitian, resiko terkena diare bisa ditekan sebanyak 30 persen dengan penggunaan rutin ASI.

Baca juga: 7 Penyebab Bayi Menolak ASI.

Tentu para ibu harus sadar bahwa ASI amat penting untuk bayi. Mungkin memang lebih repot menggunakan ASI dibandingkan susu formula namun khasiat dan manfaat yang didapat banyak sekali. Dengan kenyataan yang telah dipaparkan di atas, tentu saja para ibu harus mulai membiasakan sadar ASI agar buah hati tak hanya mengalami tumbuh kembang yang baik tapi juga bisa mendapatkan kesehatan yang optimal.

Ternyata Ada Korelasi Positif Antara ASI Dan Infeksi Telinga,

Rating : 4.57 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: