Apa Saja Vitamin Yang Tak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan ?

Macam-macam sumber Vitamin

Macam-macam sumber Vitamin

JBerita.com – Vitamin tentu saja penting bagi tubuh khususnya untuk proses pembentukan energi dan juga metabolisme tubuh manusia. Walaupun kecil kebutuhannya, tetap saja vitamin merupakan hal yang penting bagi manusia.

Samuel Oetoro mengungkapkan bahwa vitamin itu sendiri terbagi kedalam dua jenis. Pertama vitamin yang mau larut air dan yang satu lagi adalah vitmain yang larut dalam lemak. Meskipun vitamin itu dibutuhkan oleh tubuh manusia, beberapa jenis tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan atau berlebihan.

“Semua vitamin yang larut dalam lemak sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan khususnya dalam jangka yang panjang. Vitamin E,D,K dan A merupakan vitamin yang jenisnya larut dalam lemak,” Ungkap Samuel.

Samuel mencontohkan lebih detail pada Vitamin A yang bisa didapat dari berbagai makanan seperti hati dan telur serta sayuran dan buah. Berlebihan mengkonsusmi jenis vitamin ini bisa menyebabkan hati serta tulang rusak. Beliau mengatakan bahwa 10.000 IU/ hari adalah batas aman mengkonsumsi vitamin A. Untuk wanita yang sedang hamil, 8.000 IU/Hari saja, tidak boleh lebih.

Namun sisi positif vitamin ini adalah untuk kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh serta mata. Jika seseorang kelebihan mengkonsumsi vitamin D maka yang terjadi adalah kadar kalsium pada darah akan tinggi. Mudah saja mendapatkan vitamin D karena seseorang hanya cukup terpapar sinar matahari pagi.

Selain bisa didapat dari berbagai macam makanan, kebutuhan vitamin juga bisa didapatkan dari suplemen. Samuel sendiri mengatakan suplemen bisa diperlukan khususnya bagi mereka yang tidak cukup mendapatkannya dari berbagai macam makanan.

Yang menjadi catatan Samuel adalah konsumsi suplemen pun janngan berlebihan karena efeknya tidak bagus untuk kesehatan.  Bila memang anda ingin mengkonsusmi suplemen, sang dokter mengatakan ambillah satu yang mengandung vitamin serta mineral yang lengkap.  Dan ia juga mengatakan vitamin dan mineral sering tidak bisa didapatkan pada makanan yang telah diolah.

Nah, setelah pemaparan di atas, tentu saja anda harus sadar bahwa vitamin memang mempunyai efek bagus bagi tubuh namun pahamilah bahwa tidak semua bisa digunakan secara sembarangan agar manfaatnya bisa optimal.

Apa Saja Vitamin Yang Tak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan ?,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: