Lifestyle

3 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Lancarkan Puasa Anda Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi - Dilarang Gosip
Ilustrasi – Dilarang Gosip. (wikihow)

JBerita.com – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang dan bagi umat Islam tentu bulan suci ini telah dinanti dengan melakukan puasa selama sebulan penuh. Puasa memang selalu identik dengan rasa lemas, haus dan lapar tapi tentunya anda tak boleh menunjukkan sikap malas saat sedang bekerja.

Nah, penting untuk menjaga kelancaran puasa anda sehingga amal ibadahnya bisa anda dapatkan pada bulan suci ini. Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa membantu anda untuk tetap lancar berpuasa selama bulan Ramadhan.

Tak perlu bergosip

Saat anda bekerja tentu tetap ada sedikit waktu luang. Bergosip untuk mengisi waktu luang bukanlah ide yang bagus di bulan puasa, selain anda akan lebih cepat haus dan lapar, gosip juga tak baik apalagi itu ngomongin orang lain. Ibadah sunnah bisa anda lakukan agar menambah pahala puasa. Al Qur’an juga bisa anda baca apalagi sekarang teknologi sudah memungkinkan siapapun mengakses kitab suci digital Islam itu.  Melakukan ibadah sunnah di sela anda bekerja akan lebih bermanfaat ketimbang bergosip.

Mencoba untuk selalu sabar

Godaan  berpuasa sambil bekerja memang banyak. Semua godaan itu akan menjadi ujian keteguhan hati anda saat berpuasa. Hal-hal yang bisa membuat anda emosi tentu saja harus disikapi dengan kesabaran hati. Selalu ingat pada Tuhan dan ingat bahwa emosi bisa mengurangi amal ibadah anda bahkan membatalkan puasa itu sendiri.

Manajemen yang baik saat buka puasa

Buka puasa tentu bagian dari puasa itu sendiri dan hukumnya wajib di dalam aturan Islam. Anda harus benar-benar cerdik mengatur waktu buka puasa saat sedang bekerja. Mungkin anda bisa mengajak rekan kerja untuk buka puasa bersama atau hal lain yang  sesuai dengan kondisi yang ada. Agenda penting terkait buka puasa bila anda bekerja. Yang penting keberkahan harus selalu anda rasakan bila sedang berbuka puasa sehingga makna bulan Ramadhan bisa anda dapatkan.

Nah, bila semua hal tersebut di atas bisa anda terapkan dengan konsisten dan sepenuh hati, puasa pasti tidak akan menjadi sesuatu yang menyiksa melainkan sesuatu yang memberi ketenangan dalam hidup anda.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "3 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Lancarkan Puasa Anda Selama Bulan Ramadhan". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!