Cara Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Anda Berpuasa

Ilustrasi - Dehidrasi

Ilustrasi – Dehidrasi. (republika)

JBerita.com – Saat anda berpuasa, air tentu saja merupakan hal yang penting untuk melepas dahaga. Namun patut disayangkan banyak sekali orang yang tak sadar akan pentingnya pemenuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air yang cukup bahkan sampai puasa di hari berikutnya.

Di dalam tubuh manusia sendiri mengandung 60 sd 70 persen air yang artinya penurunan air dalam tubuh bisa membuat saraf serta sel-sel tubuh tidak berfungsi semestinya. Nah, itulah mengapa mengatur asupan air yang cukup amat penting saat anda melakukan buka puasa.

Dehidrasi sendiri atau kondisi saat tubuh kekurangan air akan menyebabkan beberapa kondisi menyiksa seperti sakit kepala, lelah, kulit kering dan konstipasi.

Air juga, di sisi lain, bisa membantu anda mengontrol berat badan karena air sendiri berfungsi untuk membuang racun serta bisa mengurangi rasa lapar anda saat puasa.  Ada beberapa hal yan anda harus lakukan agar rasa haus berlebih bisa dicegah dan dehidrasi bisa dihindari.

  • Anda setidaknya perlu 8 gelas per hari. Karena itu, pastikan minum lebih banyak air pada saat melakukan buka puasa di malam hari. Hal ini berguna untuk menghindari dehidrasi pada saat cuaca panas di siang hari.
  • Rasa haus kerap diakibatkan oleh makanan yang pedas dan karena itu, hindari lah aneka makanan yang pedas.
  • Hindari masak makanan yang mengandung garam berlebihan. Intinya makanan yang garamnya tinggi akan meningkatkan kebutuhan tubuh anda akan air sehingga anda harus menggantinya dengan yang lain.
  • Makan sayuran dan buah penting karena keduanya mengandung banyak air. Kedua makanan itu bila lama di dalam usus akan membantu mengurangi rasa haus anda saat berpuasa.
  • Bila anda minum jus, ambillah jus yang segar bukan jus kemasan karena kadar gulanya tinggi.
  • Jangan minum air dalam jumlah yang besar sekaligus pada saat berbuka puasa terutama saat anda sedang memakan makanan.
  • Hindari minum air dingin karena tidak akan meredakan dahaga dan justru bisa menimbulkan gangguan pencernaan karena pembuluh darah pada tubuh akan berkontraksi. Pilih saja air minum yang sedikit dingin.

Cara Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Anda Berpuasa,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita Infotainment dan Lifestyle menjadi makanan sehari-hari cewek yang gemar traveling ini.

Copyright by: