Beberapa Merek Mobil Baru Masih Gunakan Airbag Takata Yang Bermasalah

Takata Air Bag Recall

Takata Air Bag Masih Digunakan Pada Sejumlah Mobil Baru.

JBerita.com – Empat merek mobil kabarnya masih menjual keandaraan yang dilengkapi dengan airbag Takata yang sudah terbukti bemasalah. Laporan itu sendiri dibuat oleh Senata Committee on Commerce, Science and Transportation.

Keempat pabrikan yang dimaksud adalah Mitsubishi, Volkswagen, Toyota dan juga Fiat Chrysler Automobile. Mitsubishi i-MiEV tahun 2006 & 2017, misalnya, masih dijual sampai saat ini padahal airbag merek Takata nyata bermasalah. VW CC model tahun 2016 juga masih dijual dipasaran yang menggunakan Airbag sama. Model lain yang bermasal dengan airbag Takata namun masih dipasarkan adalah Audi R8 2017 dan Audi TT 2016.

Pabrikan Toyota belum menjelaskan secara gamblang tentang model apa saja kendaraan yang menggunakan airbag bermasalah dari Takata itu. Pabrikan ini sendiri mengatakan akan melakukan penjualan sekitar 175.000 unit mobil berairbag yang dilakukan pada rentang Maret 2016 sampai dengan bulan Juli 2017.

Pabrikan lain FCA dengan jelas menolak untuk memberi tahu model apa saja dan berapa jumlah kendaraan yang menggunakan Airbag Takata.

Tentu penggunan airbag bermasal amat mengkhawatirkan karena pemasangan fitur itu sendiri untuk keselamatan bila ada kecalakaan. Namun keempat pabrikan itu tidak melakukan pelanggaran terhadap hukum. Penjualan sendiri masih diperbolehkan terkait masalah tersebut karena dikatakan bahwa perlu waktu beberapa tahun bagi inflator airbag menjadi buruk dan lalu berbahaya.

Namun peraturan mengatakan bahwa bila pada tahun 2018, Takata belum bisa membuktikan bahwa produknya aman, maka semua mobil yang dilengkapi airbag itu harus ditarik. Permasalahan terkait Airbag Takata ini bukan masalah yang sepele. Dilaporkan di Amerika saja, 100 orang lebih terluka akibat permasalahan airbag itu. Untuk skala global sendiri, sudah 13 nyawa hilang terkait dengan masalah yang ada pada Airbag Takata.

Inflator pada Airbag Takata disebutkan memiliki potensi meledak yang tak wajar atau berlebihan. Pecahan logam mungkin bertebaran ke kabin mobil sehingga justru membahayan penumpang yang ada didalam mobil.

Beberapa Merek Mobil Baru Masih Gunakan Airbag Takata Yang Bermasalah,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: