Pastikan Pola Makan Sehat Selama Puasa Untuk Memiliki Berat Badan Ideal

Tabel Berat Badan Ideal

Tabel Berat Badan Ideal.

JBerita.com – Saat berpuasa tidak semua orang mengalami penurunan berat badan, bahkan sebagian malah mengeluhkan adanya kenaikan berat badan. Mengapa demikian?. Adanya pola makan yang salah dituduh jadi biang keladi dari permasalahan ini.

Puasa sendiri sebenarnya merupakan salah satu hal yang berguna untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh yang optimal. Namun hal itu bisa terjadi bila pola makan yang benar dilakukan seseorang. Beberapa hal di bawah ini penting Anda lakukan agar badan Anda tetap ideal beratnya dan juga segar selama menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Mengkonsumsi makanan sehat.
Buka puasa tentu saja menjadi hal yang dinanti bagi mereka yang menjalankannya. Salah satu makanan favorit adalah gorengan. Sebaiknya, hindari makanan tersebut bila Anda tidak ingin berat badan Anda meningkat. Jangan lupa banyak makan sayuran dan juga buah serta lauk pauk yang kandungan proteinnya tinggi.

Tidak boleh melewati waktu sahur.
Sahur tentu saja menjadi awal puasa. Ini merupakan waktu dimana Anda makan makanan yang penting untuk tubuh agar bisa berenergi saat melakukan puasa. Nah, efek bila Anda tidak melakukan sahur adalah badan lemas dan juga pada waktu berbuka kemungkinan makan berlebih akan Anda lakukan. Dan hal ini tentu tak bagus untuk berat badan dan kesehatan Anda.

Jaga Berat Badan Ideal saat bulan Puasa

Jaga Berat Badan Ideal saat bulan Puasa. (resephariini)

Pastikan Anda mendapatkan cairan yang cukup.
Pastikan Anda mendapatkan kebutuhan cairan yang pas saat Anda puasa. Karena itu, baik saat Anda sahur maupun buka, Anda harus mengkonsumsi banyak air putih serta sayuran dan buah buahan yang mengandung serat. Air berguna untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi sementara buah yang banyak seratnya bagus untuk menjaga berat badan Anda.

Sebaiknya makan makanan yang memiliki serat serta protein yang tinggi.
Tentu saja makan seperti nasi atau mi yang mengandung karbohidrat perlu dikonsumsi namun jangan berlebih. Hal tersebut harus Anda padukan dengan makanan yang mengandung protein tinggi seperti yang ada pada daging ayam, ikan, telur dan juga tempe serta tahu. Sayuran tentu saja perlu agar puasa Anda bisa menjadi segar.

Penting untuk mengontrol keinginan Anda untuk makan.
Menjalankan pola hidup sehat tentu saja penting namun anda juga perlu melakukan pengontrolan terhadap nafsu makan Anda. Saat Anda masuk ke jam buka puasa tentu akan ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda lahap apalagi saat Anda dalam suasana prasmanan. Kontrol keinginan makan agar porsi yang Anda ambil cukup. Dengan cara ini, berat badan Anda akan menjadi ideal selama berpuasa.

Pastikan Pola Makan Sehat Selama Puasa Untuk Memiliki Berat Badan Ideal,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: