Pola Tidur Yang Salah Berakibat Pada Penyakit Jantung

Pola Tidur yang Teratur membuat hidup lebih sehat

Pola Tidur yang Teratur membuat hidup lebih sehat

JBerita.com – Pola tidur yang tidak bagus adalah merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung. Maka dari itu, bila Anda bisa mengurangi kebiasaan terkait pola tidur buruk maka resiko penyakit jantung pun bisa dikurangi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University di Chicago menemukan bahwa ada kaitan pola tidur dengan penyakit jantung. Tepatnya adalah seseorang yang tidur pada waktu dan jam yang sama di setiap malam akan membuat jantung bekerja dengan baik sehingga kesehatannya terjaga.

Peneliti sendiri hanya mengetahui bahwa obesitas terkait dengan pola tidur yan tidak teratur dan juga berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit lainnya seperti kanker. Namun sebuah mekanisme yang disebut ritme sirkadian ternyata juga memiliki kaitan dengan pola tidur yang salah.

Studi itu membuktikan bahwa bila ritme yang tersebut di atas mengalami perubahan maka kinerja ritme itu sendiri akan rusak. Diberikan sebuah contoh bahwa seseorang yang terbiasa dengan tidur malam kemudian harus kerja lembur sehingga ritme itu berubah.

Posisi tidur

Posisi tidur.

Percobaan terkait penelitian itu dilakukan pada 26 orang yang sehat. Umurnya antara 20 hingga 39 tahun. Kemudian peneliti membaginya menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama dibiarkan tidur selama 5 jam dan kelompok lainnya mengalami perubahan kebiasaan tidur empat hari selama lima jam dan 4 hari lainnya selama 8 jam.

Kedua bagian kelompok tersebut ternyata menunjukkan detak jantung yang semakin meningkat di siang hari namun kondisi yang lebih buruk dialami oleh kelompok yang kedua. Selain terbatasnya jam tidur, kelompok kedua mengalami perubahan waktu tidur juga.

Hasil penelitian tersebut adalah, kelompok dua mengalami peningkatan hormon stress yang kerap disebut dengan norepinephrine. Hormon itu sendiri bisa mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah. Selain itu, tekanan darah juga meningkat serta pelebaran tenggorokan bisa terjadi akibat hormon itu.

Hal lain yang ditemukan pada kelompok kedua adalah detak jantung yang semakin melemah karena perubahan pola tidur itu. Nah, para peneliti mengatakan bahwa bila hal ini dibiarkan terjadi terus menerus maka gangguan jantung bisa terjadi.

Pola Tidur Yang Salah Berakibat Pada Penyakit Jantung,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: