Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa.

JBerita.com – Puasa bukan saja merupakan sebuah tantangan untuk mengatasi rasa haus dan lapar tapi juga tentang mengatasi bau mulut yang kerap terjadi. Menurut Everyday Health, 25 sampai dengan 30 persen orang mengalami bau mulut khususnya pada saat berpuasa.

Nah akan menjadi sebuah masalah bila seseorang berpuasa lalu mulutnya bau sementara tidak bisa mengunyah apapun termasuk permen untuk menghilangkan bau tersebut.

Rana AL Thib yang merupakan seorang dokter gigi di Hibah Shata Specialised Dental Clinic, Dubai Healthcare City, mengatakan melalui Gulf News “Selama melakukan puasa, seseorang cenderung mengeluarkan bau mulut. Itu dikarenakan kelenjar ludah tidak menghasilkan cukup air ludah yang tentu fungsinya mempertahankan kesegaran mulut. Nah, mulut yang dalam kondisi kering itulah kemudian mengakibatkan bau mulut,” .

Lebih lanjut Dr Rana menyatakan jika tidak menyikat gigi pada siang hari selama puasa lebih memperparah keadaan tersebut, mulut menjadi lebih bau.

“Menyikat gigi sebenarnya sah-sah saja selama bulan ramadhan namun harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak ada yang tertelan dan hal itu bisa mencegah bau mulut berlebih,” ungkapnya.

Ia mengatakan lebih lanjut bahwa penyikatan gigi tak hanya perlu dilakukan untuk menghindari bau mulut tapi juga lidah perlu disikat agar sisa makanan saat saur tidak menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

Dr John Pillinger juga melalui laman Net Doctor mengatakan bahwa beberapa jenis makanan mengandung zat kimia tertentu yang cenderung menyebabkan bau mulut. Sel mati yang menumpuk di lidah juga menjadi penyebab lain belum lagi langit-langit yang ada sisa makanan. Semua menyebabkan bau mulut.

Solusi untuk itu menurut Rana adalah dengan minum banyak air saat puasa agar tidak dehidrasi serta rajin menyikat gigi dan gunakan benang agar sisa makanan yang menempel bisa dihilangkan.

Ia juga menambahkan menggunakan cairan untuk berkumur juga bisa digunakan untuk membersihkan mulut agar tidak bau selama bulan puasa. Selama cairan itu tidak ditelan maka semuanya diperbolehkan.

Selain bau mulut, aroma nafas tak sedap juga sering muncul di saat puasa dan solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengkonsumsi jus wortel, makan seledri atau jus apel saat saur. Dengan melakukan hal itu semua masalah yang ada dengan bau nafas bisa dicegah.

Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita Infotainment dan Lifestyle menjadi makanan sehari-hari cewek yang gemar traveling ini.

Copyright by: