Cara Mudah Membuat Anak Kuat Berpuasa

Tips Supaya Anak Kuat Puasa

Tips Supaya Anak Kuat Puasa. (thebanter)

JBerita.com – Anak yang mulai berpuasa tentu saja perlu Anda dukung karena kebiasaan dari kecil akan menular hingga ia dewasa. Agar seorang anak kuat dalam berpuasa, sebenarnya ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah asupan gizi harus tetap memadai sehingga tumbuh kembangnya tidak terpengaruhi.

Aman Bhakti Pulungan yang merupakan dokter spesialis anak mengatakan saat berpuasa, seorang anak perlu makan makanan yang baik seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Karbohidrat Kompleks sendiri tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah pada seorang anak sehingga patut dikonsumsi. Sereal, kacang merah dan roti gandum adalah tiga jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Baca juga: Hal Penting Yang Harus Orang Tua Lakukan Untuk Mengajari Anak Puasa.

Aman mengatakan “Bila ingin memberi anak makanan atau minuman yang manis, jangan lah yang terlalu manis. Kadarnya harus disesuaikan. Bila terlalu manis justru anak akan mudah lapar dan haus saat berpuasa,”.

Seorang anak juga harus cukup minum air putih selama berpuasa dan juga harus cukup tidur. Pastikan pada saat sahur anak diberi cukup air putih dan usahakan tidur selama 8 hingga 10 jam pada malam hari. Kecukupan waktu untuk tidur menurutnya memang harus disiasati karena waktu tidur biasanya akan terpotong saat waktu sahur.

Pola makan yang berubah saat sahur tentu saja harus membuat pola tidur sang anak juga diubah. Aman menyarakan agar setelah sahur sang anak tidur lagi karena pada pagi harinya aktifitas sekolah mulai dijalankan. “Sebaiknya bangunkan anak saat sahur menjelang imsak tiba,”ungkapnya. Siang hari juga disarankan oleh Aman bahwa seorang anak harus tidur yang cukup.

Suasana yang membuat anak senang harus diciptakan agar ia tak malas bangun saat sahur tiba. Bisa saja orang tua membangunkan anak saat semua sudah dihidangkan di meja makan sehingga anak akan menjadi semangat untuk menanti hal itu. Meminta pendapat seorang anak tentang menu sahur berikutnya juga penting.

Selain tiu, menyajikan buah-buahan dan sayuran yang segar juga penting karena keduanya mengandung banyak manfaat seperti vitamin, antioksidan dan juga serat yang tentu saja baik untuk kesehatan anak selama melakukan puasa.

Cara Mudah Membuat Anak Kuat Berpuasa,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita Infotainment dan Lifestyle menjadi makanan sehari-hari cewek yang gemar traveling ini.

Copyright by: