Hindari Masalah Pencernaan Saat Anda Berpuasa

Perut jadi kembung karena konsumsi Makanan berlebihan saat berbuka puasa

Perut jadi kembung karena konsumsi Makanan berlebihan saat berbuka puasa.

JBerita.com – Puasa tentu saja tak mudah dan pada saat buka seharusnya anda mengontrol nafsu makan anda. Konsumsi makanan favorit pun harus dibatasi agar tidak berlebihan. Bila anda melakukan pola makan yang salah maka gangguan pernceraan bahkan diaere bisa saja terjadi.

P. Simatupang yang merupakan dokter ahli penyakit dalam mengatakan “diare bisa saja terjadi. Itu dikarenakan perut kosong lalu mengkonsumsi makanan berlebihan. Makanan yang mengandung keju dan susu bila dimakan berlebihan bisa menyebabkan diare. Apalagi makan makan yang mengandung lemak dan diserap oleh pencernaan lebih lama”.

Selain diare, masalah pencernaan akibat makan berlebih pada saat buka puasa adalah perut kembung. Banyak sekali orang yang tidak bisa melakukan pengontrolan terhadap nafsu makan serta dahaga dia saat puasa sehingga banyak makan dan minum di saat puasa dan akhirnya perut kembung.

“Makanan akan dicerna oleh lambung kita lalu akan disalurkan melalui usus kecil yang berupa cairan. Lambung sendiri akan mengeluarkan asam serta enzim setelah cairan itu diserap. Sebelum dicerna, seseorang saat buka puasa minum lagi dalam jumlah yang banyak sehinga pencernaan bekerja semakin melambat,” tambahnya.

Dr Epistel berkata bahwa tidak perlu makan dengan porsi yang lebih saat seseorang buka puasa. Makan yang secukupnya namun bernutrisi adalah pilihan yang penting. Makanan yang berserat tinggi disarankan untuk dikonsumsi agar masalah pencernaan bisa dihindari. Konstipasi biasanya bisa dihindari dengan mengkonsumsi makan kaya serta dan juga harus minum air hingga 6 sampai 8 gelas per hari.

Tentu penting memikirkan masalah pencernaan saat berpuasa karena bila terjadi gangguan tentu saja puasa berikutnya akan menjadi masalah. Nah karena itu makan aneka buah-buahan juga sayuran penting karena kaya akan serat. Seperti yang dokter Epistal katakan bahwa pengontrolan terhadap makan makanan yang berlebih tentu saja penting. Hal ini dikarenakan lambung tidak akan kuat melakukan pencernaan dengan baik sehingga rentan dengan adanya masalah.

Dengan melakukan hal di atas tentu saja anda akan bisa menjalani bulan ramadhan ini tanpa harus pusing dengan berbagai masalah pencernaan yang akan sangat mengganggu.

Hindari Masalah Pencernaan Saat Anda Berpuasa,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: