Wajib Baca Bagi Perokok!!! Ini Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa

Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa

Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa. (ist)

JBerita.com – Puasa tak pelak bisa memberikan banyak manfaat. Selain membersihkan tubuh dari racun yang membahayakan, puasa juga bagus untuk keseimbangan emosi seseorang. Saat berpuasa, berbuka adalah momen yang paling dinanti. Biasanya makanan dan minuman akan terasa lebih nikmat kala Anda berbuka puasa.

Maka tak heran, aneka makanan favorit biasaya dihidangkan saat berbuka puasa. Bagi mereka yang masuk kelas perokok, tentu saja berbuka puasa menjadi waktu yang pas untuk menghisap satu atau dua batang rokok. Namun yang menjadi masalah adalah kebisaan merokok saat berbuka puasa ternyata bisa memberi dampak negatif sebanyak dua kali lipat. Mengapa demikian?.

Detoksifikasi dan penurunan tekanan darah terjadi pada saat puasa dan tentu hal tersebut bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun jangan salah, tubuh juga rentan sekali dengan radikal bebas karena pasokan makanan berkurang selama puasa. Karena asupan makanan menjadi berkurang maka antioksidan endogen juga akan mengalami penurunan. Nah penurunan tesebut sebenarnya menyebabkan antioksidan alami pada tubuh juga berkurang.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa.

Dengan kata lain, saat Anda merokok serangan radikal bebas yang diterima tubuh akan menjadi dua kali lipat. Dampak dari serangan radikal bebas sendiri, dapat merusak sel-sel didalam tubuh, penuaan dini juga bisa muncul dan pertumbuhan sel juga bisa menjadi tidak normal sehingga dapak memacu datangnya kanker.

Nah dengan kenyataan tersebut maka sebaiknya hindari langsung merokok saat berbuka puasa. Dahulukan makanan dan minuman karena ini penting untuk tubuh. Bila Anda langsung merokok setelah berbuka puasa, racun rokoklah yang langsung diserap oleh tubuh. Padahal, dalam keadaan berpuasa, jumlah antioksidan endogen didalam tubuh tidaklah cukup untuk menangkal racun.

Disamping itu, dengan merokok saat berbuka puasa tiba, umumnya nafsu makan dan minum akan berkurang sehingga dampak tubuh terkena radikal bebas akan semakin besar. Ini seperti yang disebutkan di atas bahwa tubuh akan semakin lama kekurangan pasokan makanan sehingga antioksidan alami tidak diprosuksi dengan baik.

Tentu saja Anda tidak mau mengalami masalah yang membahayakan seperti kanker dan penuaan dini. Karena itu, kontrolah nafsu merokok Anda saat buka puasa tiba. Utamakan pasokan makan untuk tubuh dan bila Anda merokok pun, batasi kuantitasnya karena jelas-jelas dampaknya amat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Wajib Baca Bagi Perokok!!! Ini Bahaya Merokok Setelah Berbuka Puasa,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: