Damsid: Nilai Rata-Rata UN SMP Dan Sederajat Anjlok 30 %

Ilustrasi

Ilustrasi.

JBerita.com – Nilai Rata-rata Ujian Nasional SMP & sederajat untuk tahun 2015/2016 ternyata mengalami penurunan bila dibandingkan dengan hasil yang diperoleh tahun ajaran sebelumnya. Kenyataan ini bisa dilihat salah satunya dari hasil UN SMP di provinsi Sulawesi Tenggara.

Seperti diberitakan Antara, kepala Dikbud Sulawesi utara, Damsid, mengatakan “Jika dibuat rata-rata, hasil UN  SMP tahun ajaran ini mengalami penurunan. Namun sudah tidak ada lagi lulus dan tidak lulus. Yang kita lihat adalah apakah nilai seorang siswa itu tuntas atau tidak tuntas”

Damsid juga mengatakan bahwa UN SMP sederajat yang berpredikat tidak tuntas pada tahun ajaran ini mencapai 30 persen. Total perserta yang ada mencapa 46.245 orang. Kemdikbud menentukan nilai standar UN  tahun ini adalah 5,5.

“Untung sudah tidak ada lagi predikat lulus dan tidak lulus dari pemerintah pusat,” Ungkap Damsid.

Menurutnya bila masih menggunakan standar nilai kelulusan, maka yang terjadi adalah banyak siswa dan siswi SMP di Sulawesi Utara tidak lulus bahkan angkanya bisa mencapai 30 % dari peserta yang ada. “Tapi yang jelas semua harus lulus karena standarisasi itu sudah tidak ada lagi,” Ungkapnya.

Damsid sendiri mengaku amat prihatin dengan nilai rata-rata SMA sederajat yang mengalami penurunan. Ini sama saja penurunan kualitas pendidkan terjadi di tingkat SMP. Dan tentu saja perbaikan dan evaluasi diperlukan agar semua bisa diubah menjadi lebih baik.

“Kami sendiri belum mengetahui penyebab dari turunnya nilai rata-rata UN SMP di Sulawesi Utara namun kami akan melakukan penelitian sehingga perbaikan yang diperlukan bisa dilakukan untuk nilai yang lebih tinggi di masa yang akan datang,” Tambah Damsid.

Dari kenyataan yang ada tentu saja berbagai evaluasi diperlukan agar kualitas pendidikan tingkat SMP bisa diperbaiki. Hal ini menjadi tanggung jawab Kemendikbud untuk terus memperbaiki sistem pendidikan agar apa yang didapatkan siswa adalah yang terbaik.

Namun, kesadaran siswa pun diperlukan agar semua sistem pendidikan berjalan dengan baik. Percuma Kemendikbud melakukan perubahan tapi siswa sendiri tidak sadar bahwa penting menjadi pelajar yang baik agar bisa mendapatkan yang semestinya.

Damsid: Nilai Rata-Rata UN SMP Dan Sederajat Anjlok 30 %,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: