Jelang Buka Puasa, S Nekat Curi Ternak Warga

Tersangka Sumarsono Bonyok Dihajar Warga Saat Kepergok Mencuri Kerbau

Tersangka S Bonyok Dihajar Warga Saat Kepergok Mencuri Kerbau Milik Warga.

MUARA ENIM – Bukannya berdzikir sambil menanti buka puasa. S (45), warga Trans HTI Muara Enim kepergok mencuri hewan ternak jenis kerbau dan berhasil diamankan warga. Tersangka pun menjadi bulan-bulanan warga yang muak dengan aksi pencurian ternak di bulan puasa tersebut.

Kejadian pada Senin (20/6) sekitar pukul 17.00 WIB di areal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) antara Desa Karang Raja dan Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim.

Berawal saat tersangka bersama seorang rekannya (DPO) membuat jerat terbuat dari kawat untuk menjerat kerbau. Tersangka menaruh jerat kawat tersebut di jalan yang biasa dilalui kerbau yang diternakkan warga. Namun aksi tersangka itu diketahui sang pemilik kerbau bernama Iwan (43), warga Dusun IV Desa Tanjung Raja Rt 11/04 Kecamatan Muara Enim. Pemilik kerbau bersama warga sekitar pun berhasil menangkap tersangka. Sedangkan rekan tersangka berhasil melarikan diri.

Warga yang emosi pun menghajar pelaku dan melaporkan ke Polres Muara Enim. Kemudian anggota Polres menjemput tersangka yang dalam keadaan terluka parah akibat dihakimi massa. Tersangka pun dibawa ke RS dr HM Rabain untuk mendapat pengobatan pada malam harinya.

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan melalui Kasatreskrim AKP Irwanto didampingi Kasubag Humas Iptu Arsyad mengatakan, pihaknya sudah mengamankan tersangka berikut barang bukti seekor kerbau dan aatu jerat kawat.

“Setelah diberikan pengobatan di rumah sakit, tersangka kita amankan di Mapolres untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” ujarnya.

Menurut Irwanto, tersangka bakal dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (curat) karena melakukan pencurian secara bersama-sama.

“Kita masih mengejar satu pelaku lainnya. Kami mengimbau juga kepada warga jangan tersulut emosi dan jangan main hakim sendiri. Langsung serahkan ke pihak kepolisian,” jelas Irwanto.

Pihaknya juga masih menyelidiki keterlibatan tersangka sebagai sindikat pencuri hewan ternak. “Apalagi kejadian pada sore hari jelang berbuka puasa. Kita imbau warga untuk waspada dan segera melapor jika ada orang dengan gerak-gerik mencurigakan yang akan berbuat kejahatan,” jelasnya.

Jelang Buka Puasa, S Nekat Curi Ternak Warga,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: