Nasional

Warga Yang Laporkan Kebakaran Hutan dan Lahan Akan Diberi Reward Rp10 Juta

Manajer Pengamanan Hutan dan Sosial PT Musi Hutan Persada Taufan Syarif
Manajer Pengamanan Hutan dan Sosial PT Musi Hutan Persada Taufan Syarif.

MUARA ENIM – Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus melibatkan banyak pihak. Bukan hanya dari pemerintah daerah (pemda) ataupun perusahaan perkebunan yang memiliki lahan hutan. Tetapi juga penduduk asli sekitar lahan perkebunan.

Manajer Pengamanan Hutan dan Sosial (PHS) PT Musi Hutan Persada (MHP) Taufan Syarif mengatakan, penanggulangan Karhutla bukan hanya tugas dari perusahaan. Diperlukan peran serta masyarakat sekitar. Sebab, kasus pembakaran lahan dan hutan biasanya dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab secara sembunyi-sembunyi dan biasanya diketahui warga setempat.

Untuk itulah, pihak PT MHP akan memberikan hadiah (reward) bagi warga yang mau melaporkan adanya titik hotspot ataupun pembakaran lahan dan hutan secara sengaja.

“Seperti tahun sebelumnya, kami akan memberikan reward Rp10 juta bagi warga yang mau melaporkan karhutla kepada perusahaan,” ujar Taufan, Kamis (30/6).

Menurutnya, peran serta warga sangat dibutuhkan terutama warga di pedalaman yang tinggal di dalam hutan.

“Kita beri reward yang cukup besar mengingat informasi dari warga sedikit pun sangat penting sebelum titik api semakin membesar. Tentu bagi warga yang melapor akan dijaga identitasnya,” jelasnya.

Dijelaskan Taufan, pada tahun 2015 lalu, lahan hutan dan perkebunan milik PT MHP yang terbakar seluas 22.000 hektar dari total luas lahan 192.400 hektar.

“Areal perkebunan PT MHP tersebar di tujuh kabupaten yakni Muara Enim, PALI, Lahat, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU), dan OKU Timur,” ujaranya.

Dijelaskannya, kebanyakan penyebab kebakaran lahan dan hutan disebabkan faktor kesengajaan dan faktor ketidaksengajaan.

“Kalau PT MHP tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar tapi ada pula yang disebabkan karena ketidaksengajaan karena ada warga yang berburu dan merokok yang puntungnya dibuang sembarang,” ungkapnya.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Warga Yang Laporkan Kebakaran Hutan dan Lahan Akan Diberi Reward Rp10 Juta". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!