Pasca Banjir Bandung Hari ini, Sejumlah Ruas Jalan Macet dan Meninggalkan Lumpur Tebal

JBerita.com, BANDUNG – Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung hari ini Senin, 24 Oktober 2016 sejak pukul 11:00 WIB menjadi salah satu penyebab banjir Bandung. Puncak ketinggian air terjadi sekitar pukul 14:00 WIB. Pasca banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Bandung menyebabkan sejumlah jalan macet dan menyisakan genangan lumpur tebal.

Beberapa ruas jalan Kota Bandung mengalami kemacetan parah. Diantaranya terjadi di Jalan Pasteur, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Cicaheum, Jalan Antapani, Jalan AH Nasution, Jalan Setiabudi, Jalan Gatot Subroto, Jalan Buahbatu, Jalan Ibrahim Aji, Jalan Tegalega dan beberapa ruas jalan lainnya.

Banjir Bandung Hari Ini.

Banjir Bandung Hari Ini. (M Wildan Fadillah)

Kendaraan yang melintas berjalan pelan dan ekstra hati-hati. Selain karena licin, banjir Bandung hari ini meninggalkan genangan lumpur tebal hingga ketinggian 1 meter. Puluhan petugas dari dinas kebersihan setempat langsung membersihkan lumpur dari badan jalan. Pembersihan badan jalan utamanya dilakukan di jalur lalu-lintas di depan Mall BTC.

Untuk mengatasi kemacetan, petugas melakukukan pengalihan arus kendaraan. Jalan menuju Pasteur dari flyover Pasupati dialihkan ke jalur bawah menuju Cipaganti seputaran Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Hingga saat ini, kondisi jalan mengalami kepadatan baik menuju Pasteur maupun sebaliknya.

Banjir Bandung hari ini merupakan banjir terparah. Menurut salah seorang pedagang di mall BTC, Milla Kamila, ketinggian bannjir berlangsung cukup cepat. “Pas puncaknya terjadi pukul 14.00 langsung sampai satu meter hingga saampe perut orang dewasa,” ujar Milla kepada wartawan, Senin (24/10).

Sementara salah seorang pemilik gedung depan kawasan yang terendam banjir, Agung mengungkapkan, gelombang air di jalan itu mencapai dua meter, bahkan masuk ke gedungnya dengan skala waktu cepat. Untungnya, kata dia, gerbang gedung yang dilengkapi dengan penutup besi. Sehingga, air bisa tertangani. Ia pun melihat, sempat ada motor terbawa arus. Bahkan, mobil sedan terlihat sudah mengambang. “Pas hujan gede, air masuknya cepet. Tapi surutnya lama,” katanya.

Terkait banjir besar di di Pasteur, Bandung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki analisa penyebabnya. “Pertama jebolnya bendungan Citepus,” kata Kepala Humas dan Informasi BNPB Sutopo Purwo melalui akun Twitter miliknya, Senin (24/10/2016).

Penyebab kedua adalah meluapnya sungai Citepus. Sedangkan penyebab ketiga, adalah dangkalnya sungai dan adanya sumbatan. “Sungai dangkal dan sampah menyumbat sungai/drainase,” kata Sutopo.

Sutopo juga memberi catatan terkait banjir ini. Dia menyayangkan Kota Bandung belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Daerah rawan bencana tapi Pemkot belum mau membentuk BPBD,” ujar Sutopo. Secara umum Sutopo mengatakan kota-kota lain juga harus waspada. Ancaman perubahan iklim kian nyata.

Pasca Banjir Bandung Hari ini, Sejumlah Ruas Jalan Macet dan Meninggalkan Lumpur Tebal,

Rating : 4.23 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: