Nasional

Terkumpul 431 Senpi Sukarela dari Warga

MUARA ENIM – Program penyerahan senjata api rakitan (senpira) secara sukarela dari masyarakat Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kepada Polres Muara Enim sudah berakhir 30 November 2015.

Meski program ini selesai, namun Polres Muara Enim tetap memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang mau menyerahkan senpi tersebut, baik secara langsung ke polsek setempat atau melalui kepala desa (kades).

Pasalnya, antusias warga menyerahkan senpi terus berlangsung. Bahkan hingga Selasa (1/12), masih ada warga yang menyerahkan senpi ke pihak kepolisiam Berdasarkan data, hingga Selasa (1/12) pukul 12.00 Wib, jumlah senpi yang diserahkan warga ke Polres Muara Enim sebanyak 431 pucuk senpi, terdiri atas 355 laras senpi laras panjang, dan 76 laras senpi laras pendek.

Senpi yang diserahkan kepada Polres Muara Enim
431 Senpi Sukarela dari Warga diserahkan kepada Polres Muara Enim

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK MSi mengatakan, pihaknya masih membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang mau menyerahkan senpi tersebut.

“Program penyerahan senpi secara sukarela memang selesai, tapi kita tidak berikan batas waktu tertentu. Artinya kita terus memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mau menyerahkan ke pihak kepolisian setempat,”ungkapnya.

Program penyerahan senpi secara sukarela ini dimulai pada awal Oktober, lalu diperpanjang hingga akhir November. Setelah itu, Polres Muara Enim akan melakukan razia tersendiri. Kepemilikan senpira oleh masyarakat tidak dibenarkan karena melanggar UU Darurat No.12 Tahun 1951. (amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Terkumpul 431 Senpi Sukarela dari Warga". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!