Untuk Mengatasi Ransomware Wannacry, Eset Rilis Eternalblue Vulnerability Checker

JBerita.com – Wabah ransomware WannaCry masih terus berlanjut sampai sekarang, penyebabnya adalah eksploit EternalBlue belum di atasi dengan sepenuhnya. Tanpa mengetahui apakah EternalBlue sudah dihentikan atau belum maka selama itu juga malware berbahaya ini akan terus menghantui pengguna komputer di seluruh dunia.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, ESET merilis tool untuk mendeteksi EternalBlue, bagaimana cara mendapatkan software ini dan penggunaannya?

Contoh komputer yang rentan terhadap eksploit EternalBlue

Contoh komputer yang rentan terhadap eksploit EternalBlue.

Pada hari Jumat, 12 Mei 2017, serangan ransomware yang dikenal sebagai “WannaCry” atau “WannaCryptor” terdeteksi oleh ESET sebagai Win32/Filecoder.WannaCryptor.D mulai menyebar ke seluruh dunia dalam skala dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyalahgunakan eksploit kit milik National Security Agency (NSA), EternalBlue yang dicuri oleh kelompok siber Shadow Broker.

Baca juga: Cara Mencegah Kejahatan Di Internet.

Begitu cepatnya penyebaran WannaCry, ESET mendeteksi sebanyak 66.566 upaya penyerangan hanya dalam beberapa hari. Sampai detik ini ESET LiveGrid mendeteksi pergerakkan ransomware WannaCry masih terus mengusik ketenangan dunia termasuk Indonesia salah satunya. Masih berlanjutnya serangan ini menandakan bahwa kerentanan yang disebabkan oleh EternalBlue belum sepenuhnya dapat di atasi Untuk memerangi pandemik berbahaya ini, ESET merilis sebuah tool untuk melawan penularan wabah ransomware WannaCry, yaitu EternalBlue Vulnerability Checker.
WannaCry terutama penyebaran yang ditunggangi oleh EternalBlue, serta membantu setiap pengguna komputer untuk memastikan sistem operasi yang dimilikinya terbebas dari exploit EternalBlue.

EternalBlue Vulnerability Checker berfungsi memeriksa apakah Windows sudah benar-benar ditambal dari EternalBlue, dengan mengetahui berhasil tidaknya patching yang dilakukan membantu pengguna untuk segera mengambil tindakan cepat untuk mencegah komputer terinfeksi. Karena eksploit kit yang berada di belakang penyebaran ransomware WannaCry, dapat juga digunakan untuk menyebarkan software untuk mencuri cryptocurrency dan malware berbahaya lain.

Eset EternalBlue Checker, Contoh hasil scan yang bersih

Eset EternalBlue Checker, Contoh hasil scan yang bersih.

Marketing Director PT Prosperita – ESET Indonesia, Chrissie Maryanto dalam keterangannya mengungkapkan “Masih merajalelanya ransomware WannaCry mendorong para peneliti di ESET menciptakan EternalBlue Vulnerability Checker untuk mengatasi penyebaran WannaCry. Semua orang dapat memanfaatkan tool tersebut secara cuma-cuma. Cara menggunakan software ini sangat mudah, cukup jalankan softwarenya maka secara otomatis akan melakukan pengecekan serta hasil dapat dilihat dalam waktu yang sama.”

Bagi pengguna komputer yang kuatir dengan ancaman EternalBlue (WannaCry) dapat mengunduh tool tersebut dari laman web ESET, berikut tautannya:

Download EternalBlue Vulnerability Checker (WannaCry), disini.
Cara Menggunakan  EternalBlue Vulnerability Checker (WannaCry), disini.

Untuk Mengatasi Ransomware Wannacry, Eset Rilis Eternalblue Vulnerability Checker,

Rating : 4.57 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: