Pendaftaran CPNS 2017 Resmi Dibuka Hari ini Melalui Sscn Bkn Go Id

JBerita.com – Penerimaan dan pendaftaran CPNS 2017 tahap 2 resmi dibuka pada Senin ini (11/9/2017). Informasi dan pendaftaran dilakukan secara online melalui Sscn Bkn Go Id, situs BKN yang beralamat di sscn.bkn.go.id.

Melalui Sscn Bkn Go Id, pemerintah membuka pendaftaran di 61 Kementerian dan lembaga. Serta satu-satunya pemerintah provinsi yang membuka penerimaan CPNS 2017 adalah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Adapun formasi CPNS untuk Pemprov Kalimantan Utara sebanyak 500. Sementara untuk lowongan di Kementerian dan Lembaga berjumlah 17.428.

Selain umum, formasi untuk kementerian atau lembaga pemerintahan juga ada untuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) yaitu sebanyak 1.850. Kemudian untuk disabilitas 166 formasi dan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196 formasi.

Pendaftaran CPNS 2017 mulai dibuka pada Senin tanggal 11 September 2017 dan akan ditutup tanggal 25 September 2017,” ungkap Herman Suyatman, selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Adapun proses pendaftaran pendaftaran CPNS 2017 akan dilakukan secara online melalui situs BKN yang bisa di akse di alamat sscn.bkn.go.id. Saat melakukan pendaftaran, pelamar harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor KK, dan atau NIK Kepala Keluarga.

Sedangkan syarat-syarat CPNS 2017 yang harus dipenuhi masing-masing jabatan atau instansi berbeda-beda. Diharapkan pelamar membaca dengan teliti pengumuman dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Seperti misalnya menyiapkan dokumen, foto, dsb untuk keperluan pendaftaran di Sscn Bkn Go Id 2017.

Berikut delapan imbauan dan anjuran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI seperti dilansir dari situs resmi https://www.menpan.go.id :

Pendaftaran CPNS 2017 Sscn Bkn Go Id

Alur Pendaftaran CPNS 2017 di Sscn Bkn Go Id.

1. Hanya Bisa Daftar 1 Instansi.
Sama halnya dengan penerimaan CPNS periode pertama yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi.

2. Pelamar Periode Pertama Bisa Daftar Lagi Tanpa Buat Akun Baru.
Dan bagi pelamar CPNS periode pertama yang tidak lolos seleksi administrasi dapat mengikuti kembali pendaftaran CPNS pada periode kedua yang tersedia di 61 K/L tanpa harus membuat akun baru.

3. Jadwal Pendaftaran Online Ditentukan Masing-masing Instansi.
Berbeda halnya dengan pendaftaran online periode I yang dibuka serentak pada 1 Agustus 2017 dan berakhir pada 31 Agustus 2017, jadwal pendaftaran online CPNS pada gelombang 2 kali ini ditentukan oleh masing-masing instansi.

4. Cermati Seluruh Keterangan, Jadwal, dan Syaratnya.
Untuk itu calon pelamar diminta untuk mencermati terlebih dahulu seluruh keterangan, syarat/jadwal pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan pendaftaran di masing-masing formasi untuk menghindari kesalahan pendaftaran.

5. Daftar Online Via https://sscnakun.bkn.go.id.
Jika telah memahami segala ketentuan/persyaratan, pelamar dapat melakukan pendaftaran online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing instansi.

6. Baca & Bertanya Via FAQ Portal SSCN.
Selain memuat syarat rekrutmen, pada portal SSCN juga tersedia navigasi Frequently Asked Questions (FAQ) atau pertanyaan umum seputar SSCN yang dapat dipelajari oleh para pelamar untuk mengantisipasi kesulitan yang ditemui saat melakukan pendaftaran.

7. Hanya Akses Media Informasi Resmi Pemerintah.
Melalui siaran pers, Kemenpan juga mengingatkan kembali agar pelamar mengakses informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS 2017 hanya melalui media informasi resmi Pemerintah.
Seluruh informasi tersebut bisa diakses via website https://www.menpan.go.id/ dan https://sscn.bkn.go.id/

8. Ingat, Seluruh Proses Tanpa Biaya.
Seluruh proses rekrutmen merupakan proses yang dilakukan tanpa dipungut biaya sedikit pun dan berjalan terbuka sehingga berkompetisilah secara fair.

Pendaftaran CPNS 2017 Resmi Dibuka Hari ini Melalui Sscn Bkn Go Id,

Rating : 4.57 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: