LAPAN Rilis Peta Wilayah Gempa Lombok dan Sekitarnya

JBerita.com – Akun resmi LAPAN RI merilis peta gempa Lombok dan sekitarnya pada, Senin (06-08-2018) pagi. Peta berbasis satelit tersebut diolah oleh Pusat Teknologi dan Data penginderaan Jauh serta Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN.

Peta gempa lombok dan sekitarnya itu memperlihatkan informasi bagaimana gempa mengguncang seluruh wilayah Lombok. Gempa yang terjadi pada 5 Agustus kemarin, diperlihatkan dengan tanda merah. Sementara gempa yang terjadi pada 29 Juli ditandai dengan simbol berwarna kuning.

Peta Gempa Lombok

Peta Wilayah Gempa Lombok Dirilis oleh LAPAN.

Pada peta gempa wilayah Lombok, wilayah yang berdampak terkena gempa adalah Mataram, pusat kota Lombok. Padahal pusat gempa berjarak cukup jauh, 45 hingga 50 km.

Data BMKG memperlihatkan jika guncangan akibat gempa yang terjadi di Mataram mencapai skala MMI VII. Dalam konferensi pers, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati membenarkan jika kerusakan paling tinggi terjadi di Mataram walaupun lokasinya cukup jauh 50 kilometer dari pusat gempa.

BMKG mengungkap, Skala Mercalli yang mengukur kekuatan gempa Bumi. Kondisi gempa pada Skala MMI VII digambarkan mengakibatkan kerusakan ringan pada rumah-rumah dengan konstruksi yang baik. Sebaliknya jika konstruksi bangunannya kurang baik akan terjadi keretakan bahkan bisa roboh. Selain itu, skala gempa ini akan membuat tiap-tiap orang keluar rumah dan terasa oleh orang yang tengah didalam kendaraan.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Bahkan, gempa Bali yang terjadi dan dirasakan akibat kuatnya getaran yang ditimbulkan dari pusat gempa ini.

LAPAN Rilis Peta Wilayah Gempa Lombok dan Sekitarnya,

Rating : 4.50 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: