Badan Pusat Statistik Terjunkan 496 Petugas Sensus Ekonomi di Muara Enim dan PALI

MUARA ENIM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim menerjunkan sebanyak 496 petugas Sensus Ekonomi 2016 untuk mengumpulkan dan menyajikan data kegiatan ekonomi di wilayah Kabupaten Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Kepala BPS Muara Enim Sukerik melalui Kasubag TU Samsul Munawar mengatakan, petugas tersebut akan mulai melaksanakan kegiatan sensus pada 1-31 Mei mendatang. “Dari 496 petugas itu terbagi sebanyak 398 di Muara Enim dan 98 di Pali, seluruh petugas ini akan mendapat pelatihan dulu selama satu minggu sebelum melaksanakan tugasnya nanti,” kata Samsul, Kamis (10/3).

Sensus Ekonomi 2016

Sensus Ekonomi 2016 di Kabupaten Muara Enim dan PALI. (bps.go.id)

Samsul menerangkan, pelatihan tersebut akan diberikan oleh para pengajar teknis dari BPS Provinsi Sumatera Selatan. Adapun pembagian tugas pendataan akan diberikan per wilayah kecamatan sesuai yang dibebankan kepada masing-masing petugas. “Sebelumnya, seluruh petugas juga akan dikumpulkan pada apel serentak siaga sensus ekonomi yang akan digelar di lapangan Pemkab Muara Enim pada 18 Maret nanti,” ujarnya.

Mengenai pembayaran honor, Samsul melanjutkan, BPS Muara Enim juga telah menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar. Menurutnya, anggaran honor itu baru diserahkan kepada petugas setelah melaksanakan sensus di wilayahnya hingga ketahap laporan akhir.

“Jadi tiap petugas yang berhasil melaksanakan tugasnya berhak mendapat honor sebesar Rp2.950.000,” tuturnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya pula, sensus ekonomi bertujuan memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakteristik usaha, dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

Sensus ekonomi harus dilakukan karena setiap keputusan yang diambil harus berdasarkan informasi yang valid dan akurat. “Sensus ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi utuh terhadap perekonomian bangsa sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional,” terangnya.

Menurut dia, manfaat dari sensus ekonomi ini bisa dinikmati berbagai kalangan, seperti pelaku usaha untuk mengetahui posisi dan peluang usaha, serta daya saing usaha. Bagi pemerintah bisa digunakan sebagai landasan perencanaan dan pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan.

“Cakupan dan sasaran Sensus Ekonomi 2016 adalah usaha atau perusahaan non pertanian di lokasi tetap/permanen, lokasi tidak tetap, usaha keliling, dan di rumah tangga. Pelaku usaha yang tercakup adalah usaha milik pemerintah, lembaga non profit, korporasi/ perusahaan, dan rumah tangga, seperti usaha online ataupun sektor non formal lainnya,” tukasnya.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Sekedar untuk diketahui, persentase banyaknya tenaga kerja perusahaan atau usaha menurut skala Kabupaten Muara Enim pada 10 tahun yang lalu yaitu, usaha mikro 73 persen, usaha kecil 17 persen, usaha besar 6 persen, dan sisanya 4 persen adalah usaha menengah. (amr)

Badan Pusat Statistik Terjunkan 496 Petugas Sensus Ekonomi di Muara Enim dan PALI,

Rating : 4.13 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: