Mengenal Kolesterol didalam Tubuh

Tak kenal maka tak sayang, Banyak sekali masyarakat yang merasa takut jika mendengar kata “kolesterol”, karena mereka beranggapan kolesterol itu selalu merugikan. Apalagi dengan beberapa bukti yang sering terjadi dilingkungan sekitar, seperti Penyakit Jantung, Stroke, Hipertensi itu semua disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan (Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com), Kolesterol dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

  1. LDL (low-density lipoprotein)/Kolesterol “Jahat”
    LDL ini dapat menyebabkan serangan Jantung dan Stroke, hal ini dikarenakan terjadinya penyempitan arteri yang disebabkan oleh penyumbatan arteri dan pembulu darah. Kolesterol LDL yang berlebihan akan menumpuk menjadi gumpalan yang tebal dan menjadi keras didalam arteri dan pembulu darah.
  2. HDL (high-density lipoprotein)/Kolesterol “Baik”
    HDL ini dapat membantu membuang kolesterol LDL yang berada di dalam arteri. Dimana HDL bertugas untuk membawa kolesterol LDL dari arteri menuju hati untuk dihancurkan dan dihilangkan dari tubuh. Seseorang dapat terhindar dari Jantung, Stroke jika tingkat kolesterol HDL tinggi.
  3. Trigliserida
    Setelah mengetahui fungsi dari kolesterol LDL dan HDL, selanjutnya perlu diketahui bahwa dalam tubuh setiap orang terdapat kolesterol Trigliserida, dimana ini adalah salah satu lemak dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Kelebihan kolesterol ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Kolesterol HDLvsLDL (img: ahlikolesterol)

Kolesterol HDLvsLDL (img: ahlikolesterol)

Lihat juga: Link Bahaya Dibalik Olahan Santan yang Menggoda

Bagaimana peningkatan kolesterol Trigliserida ini terjadi? Hal ini disebabkan karena kelebihan berat badan, kurang berkativitas, merokok, mengkonsumsi alkohol berlebihan, diet tinggi karbohidrat (>60% dari total kalori), dan faktor keturunan.

Setelah mengetahui jenis kolesterol ini, diharapkan dapat memberikan sebuah pemahaman kepada semua masyarakat sehingga bisa segera untuk melakukan Medical Checkup guna mengetahui langkah apa yang harus diambil, agar tetap sehat.

Mengenal Kolesterol didalam Tubuh,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: