Internet dan Sains

Kemajuan Teknologi “Matikan” Tiga Profesi di Bawah Ini

Teknologi memang memiliki dampak positif serta negatif dalam kehidupan manusia. Banyak yang mengatakan bahwa kemajuan teknologi membawa banyak keuntungan, namun tak sedikit pula yang merasa dirugikan. Beberapa pihak tampaknya harus berlapang dada sebagai korban dari kemajuan teknologi karena profesi sehari-hari yang mereka jalani tidak akan dibutuhkan lagi.

Profesi apa saja yang akhirnya harus rela tergusur akibat dari teknologi yang semakin canggih? Berikut adalah empat profesi yang kini sudah hampir tidak dibutuhkan lagi di era globalisasi seperti sekarang ini.

Pertama adalah loper koran. Di era 1990-an mungkin profesi ini masih terbilang penting dan bahkan dinantikan kehadirannya setiap pagi di depan rumah untuk mengantarkan koran harian pagi. Loper koran ini juga bukan hanya mengantarkan koran atau tabloid dari rumah satu ke rumah lainnya, namun juga kadang mereka berkeliling untuk menjajakan koran dagangannya.

Di era modern seperti sekarang ini, koran serta majalah bisa diakses secara online dengan hanya klik di tab smartphone. Membaca koran bisa kapan saja dan di mana saja tanpa perlu menunggu loper koran datang, bahkan bisa dilakukan secara gratis asal memiliki konektivitas internet. Tentu saja dengan begini jasa loper koran tidak akan lagi banyak dibutuhkan, terutama di kota-kota besar.

Profesi Pengantar Koran - Kompasiana
Profesi Pengantar Koran.(Kompasiana)

Kedua adalah biro atau agen perjalanan untuk keperluan wisata. Jenis usaha yang satu ini juga sudah banyak ditinggalkan oleh pelanggan-pelanggan setianya. Sama seperti loper koran, kemajuan teknologi kini menciptakan adanya aplikasi serta website khusus untuk travel di mana kita hanya perlu melakukan sekali klik untuk mendapat tiket perjalanan hingga tiket penginapan. Pembayaran pun bisa dilakukan secara online.

Ketiga adalah pengantar surat. Seiring semakin majunya teknologi, surat kini bisa dikirim secara elektronik atau yang biasa disebut email. Namun khusus untuk profesi ini masih bisa bertahan melalui pengiriman paket yang biasanya berupa paket dari toko online. Terakhir adalah penjaga perpustakaan. Berbagai macam buku kini bisa dibaca secara online melalui ebook, sementara proses peminjaman dan pengembalian buku pun bisa dilakukan dengan menggunakan mesin di perpustakaan

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kemajuan Teknologi “Matikan” Tiga Profesi di Bawah Ini". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!