Tips dan Trik

Cara Cek Golongan Tarif Listrik R1, R1T atau R1M, R1MT dengan Mudah

Perbedaan Pelanggan PLN Subsidi dengan Nonsubsidi

JBerita.com – Bagaimana cara mengetahui jika Anda termasuk pelanggan yang berhak mendapat listrik gratis atau diskon dari PLN?. Seperti yang diketahui pemerintah mengambil kebijakan yaitu memberikan listrik gratis kepada pelanggan dengan daya 450 VA dan diskon sebesar 50 persen bagi pelanggan 900 VA ditengah pandemi Covid-19.

Sayangnya, masyarakat terlalu antusias dan menganggap semua bisa mendapat diskon listrik dari PLN. Untuk pelanggan 450 VA baik pascabayar maupun prabayar dipastikan mendapat listrik gratis. Namun tidak demikian bagi pelanggan 900 VA.

Lihat juga: cara mendapatkan token listrik gratis.

Hanya pelanggan listrik 900 VA yang di subsidi saja yang berhak mendapat potongan harga 50 persen. Sedangkan pelanggan 900 VA non subsidi tidak mendapat potongan harga.

Bagaimana cara membedakan listrik 900 VA yang di subsidi dengan yang di non subsidi?.

Untuk mengetahui jika Anda termasuk yang mendapat diskon listrik dari PLN adalah dengan cara melihatnya pada meteran lsitrik atau struk pembayaran tagihan listrik Anda.

Lihat pada bagian Tarif/Daya. Jika pada struk pembayaran tagihan listrik tertera R1 atau R1T, itu artinya Anda merupakan pelanggan listrik subsidi dan berhak mendapat potongan tarik listrik 50 persen.

Cara Cek Tarif Listrik R1, R1T atau R1M, R1MT
Cara Cek Tarif Listrik R1, R1T atau R1M, R1MT.

Namun jika Tarif/Daya pada struk tagihan listrik tertera huruf M, Anda tidak mendapat potongan tarif listrik karena Anda merupakan pelanggan PLN Non Subsidi yang masuk dalam kategori golongan mampu. Berikut adalah Tarif/Daya yang dapat/tidak dapat diskon dan listrik gratis dari PLN:

Tarif/Daya yang dapat gratis atau diskon listrik:

  • R1 – 450 VA = Gratis.
  • R1T – 450 VA = Gratis.
  • R1 – 900 VA = Diskon 50 persen.
  • R1T – 900 VA = Diskon 50 Persen.

Tarif/Daya yang tidak mendapat diskon atau listrik gratis:

  • R1M – 900 VA.
  • R1MT – 900 VA.

Berikut keterangan tiap kode yang tertera pada struk pembayaran tagihan listrik:

  • R: Rumah tangga.
  • M: Mampu/ tidak bersubsidi.
  • T: Token.
  • R1: pascabayar.
  • R1T: prabayar (token).
Cara Membedakan Listrik Subsidi dengan Non Subsidi
Cara Membedakan Listrik Subsidi dengan Non Subsidi. (@pln_s2jb)

Jadi, jika Anda bertanya apakah Anda mendapat diskon atau gratis tarif listrik dari PLN, silahkan cek dan lihat kode tersebut pada struk pembayaran tagihan listrik Anda. Jika ada tertera huruf M, maka Anda tidak berhak mendapatkan potongan tarif atau listrik gratis karena Anda masuk dalam golongan rumah tangga mampu yang tidak di subsidi.

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
error: Content is protected !!
Close