Nasional

Zidan, Master Chef Junior Ajari Masak Siswa Muara Enim

MUARA ENIM – Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Muara Enim menyelenggarakan lomba masak sarapan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) di halaman Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Selasa (17/11). Lomba diikuti 21 tim, terdiri dari 9 SMP dan 12 SMA di dalam kota Muara Enim.

Bintang tamu ialah M Zidan Naufal Marsha (14), Junior Master Chef Indonesia tahun 2014 sekaligus duta pasar tradisional Indonesia. Zidan yang bertindak sebagai instruktur memperagakan dua menu untuk diperlombakan yakni pancake pisang dan omelete. Kehadiran Zidan yang juga sebagai anggota tim juri ini membangkitkan antusias peserta dan hadirin.

Zidan saat memperagakan lomba masak di Muara Enim
Zidan saat memperagakan lomba masak di Muara Enim.

“Saya senang sekali bisa hadir atas undangan KKP Muara Enim. Dapat bertemu dan berbagi pengalaman dengan teman-teman. Ini menjadi awal yang baik bagi teman-teman untuk memperhatikan pentingnya sarapan sehat, terutama bahan pangan lokal,”ujar Zidan, yang juga siswa SMPN 4 Depok ini.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Muara Enim Ir Sri Mardalena, mengatakan, lomba ini diselenggarakan dalam upaya menyosialisasikan pentingnya sarapan dan pola konsumsi pangan B2SA pada anak usia sekolah.

“Dasar kegiatan yaitu Perbup No.04 Tahun 2012 tentang Percepatan Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal di Muara Enim. Kami sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan stakeholder terutama sektor pendidikan, untuk mendorong perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat,”ujar Sri.

Dalam kegiatan ini, Kantor Ketahanan Pangan juga menampilkan inovasinya, yakni Piring B2SA ala KKP dan Zimba (permainan gizi seimbang) untuk sekolah yang menjadi peserta.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Ketua TP PKK Muara Enim Hj Shinta Paramita secara simbolis menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Seluruh peserta mendapatkan cinderamata tas, alat tulis dan uang saku. Hasil lomba masak, untuk tingkat SMP, juara satu diraih SMPN 2, juara dua SMPN 5, juara tiga SMPN 6, juara favorit SMPN 1. Tingkat SMA, juara satu diraih SMAN 1, juara dua SMAN 3, juara tiga SMKN 2, juara favorit SMKN 1. (Amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!
Close