Nasional

Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2015

JAKARTA –  Peringatan Hari Guru Nasional Ke-21 Tahun 2015 (HGN 2015) yang diadakan di Istora Senayan hari ini, Selasa (24/11) dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Peringatan HGN 2015 ini ditandai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh 12.500 guru secara bersama-sama. Peserta Simposium Guru ini setiap tahunnya terus meningkat, di mana tahun sebelumnya acara HGN 2015 ini di hadir sekitar 11.500 orang Guru dari seluruh penjuru Indonesia.

Presiden Jokowi Hadiri Hari Guru Nasional 2015
Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2015 di Istora Senayan (photo: tribunnews.com)

Pada acara HGN 2015 ini mengusung tema “Guru Mulia Karena Karya”, hal ini dinilai sesuai dengan kondisi pemerintahan Indonesia yang ingin merevolusi mental bangsa, menjadikan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan beradab. Dengan tema ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap guru atau tenaga pendidik di Indonesia untuk terus bekerja dan berkarya guna membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud No. 11306/B4.4/LL/2015 tanggal 5 Oktober 2015 tentang Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan, Ada sekitar 4.000 orang guru yang mendaftarkan karyanya lewat Online sebelum 10 November 2015 ini dan hanya diambil sekitar 250 orang guru untuk mempresentasikan karyanya di depan guru-guru di ruangan terpisah pada tanggal 23-24 November 2015.

“Ada sekitar 250 orang guru yang mempresentasikan karyanya, dan mereka adalah guru atau tenaga pendidik yang berprestasi. Setiap guru atau tenaga pendidik diharapkan dapat menginspirasi, berinovasi, berkarya, kerja dan kerja” ujar Anies Baswedan.

Dalam acara ini, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Satya Lencana Pendidikan kepada beberapa guru berprestasi dan Mendikbud pun tak ketinggalan memberikan penghargaan kepada guru-guru terbaik Indonesia.

Peringatan HGN 2015 biasanya dilaksanakan pada tanggal 25 November ini, akhirnya di ajukan pelaksanaannya pada hari ini 24 November, dikarenakan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan ini pun, hadir sekitar 150 Kepala sekolah dari beberapa negara ASEAN, Perwakilan UNESCO, dan Sekretariat ASEAN.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2015". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!