Nasional

Awal Musim Hujan, Harga Kebutuhan di Pasar Masih Tinggi

MUARA ENIM – Beberapa hari terakhir wilayah kota Tanjung Enim dan sekitar sudah mulai diguyur hujan cukup deras. Sungai enim yang membelah kota ini juga debit airnya sudah mulai naik, pasca hujan deras terjadi dari wilayah uluan. Hingga sekarang belum mempengaruhi harga sejumlah kebutuhan dipasar akibat musim hujan ini. Seperti harga sayuran, telor ayam, dan daging ayam menurut pembeli harganya masih tinggi.

“Harga sama saja seperti kemarin masih tinggi. Harga telor ayam malah naik Rp 2 ribu, sebelumnya Rp 18 ribu sekarang Rp 20 ribu rupiah per kilogram,” ungkap Nenen (35) pengunjung Pasar Baru Tanjung Enim, Sabtu (28/11).

Suasana pasar tradisional di Tanjung Enim
Suasana pasar tradisional di Tanjung Enim

Dikatakan Neneng, harga kebutuhan pokok lainnya, seperti harga cabe Rp 15 ribu rupiah per kilogram, sayur katuk 5 ribu per ikat, kangkung Rp 2 ribu per ikat, dan gas elpiji ukuran 3 kilogram Rp 20 ribu per tabung. Ia menganggap, bahwa harga kebutuhan di pasar tersebut masih tinggi. Sedangkan cuaca hujan yang terjadi juga tidak mempengaruhi harga-harga kebutuhan di pasar akan turun.

“Cuaca hujan tidak pengaruh, masih sama saja harganya seperti pas musim kemarau kemarin. Harga-harga masih tetap tinggi,” kata Neneng.

Sementara itu, Ayu (45) salah satu pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim mengungkapkan, awal musim hujan turun di Kota Tanjung Enim beberapa hari ini justru dikeluhkan para pedagang karena sepi pengunjung. Kata dia, terlebih hujan turun deras sering terjadi pada pagi hari. Akibatnya, suasana pasar sepi dan perputaran uang di pasar menjadi lesu.

“Kalau sudah sepi pengunjung, pastinya barang dagangan seperti sayuran juga banyak tidak laku. Pedagang sayurpun menanggung rugi. Supaya tidak menanggung rugi banyak, biasanya para pedagang mengurangi stok. hal ini mempengaruhi harga dipasar,” kata Ayu kepada koran ini.(amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!
Close