Nasional

2016, Dana Desa Ditransfer Sekaligus ke Rekening Desa

MUARA ENIM – Di tahun 2016, dana desa akan langsung disalurkan sekaligus tanpa melalui beberapa tahap seperti di tahun 2015 ini.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muara Enim H. Fajeri Erham.

“Ini sesuai Rakernas yang dipimpin Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar. Dengan kebijakan tersebut, penyaluran langsung sekaligus dan langsung ke rekening desa supaya pembangunan di desa bisa lebih cepat terlaksana,”terang Fajeri di sela kegiatan bimbingan teknis administrasi desa, di Hotel Griya Sintesa, Senin (30/11).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muara Enim H. Fajeri Erham
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD)
Kabupaten Muara Enim H. Fajeri Erham

Menurutnya, untuk merealisasikan, Kementerian Desa dan PDT akan mengubah aturannya terlebih dahulu supaya penyaluran dana desa tidak lagi tiga tahap, tetapi langsung sekaligus satu tahap.

Dengan penyaluran dana desa selama tiga tahap yang selama ini berlangsung di tahun 2015, ada pembangunan desa yang mandek, karena menunggu dana berikutnya.

“Saya pribadi sangat mendukung dana desa disalurkan sekaligus. Di tahun 2015, terdapat 245 desa di Muara Enim, yang masing-masing sudah mendapat sekitar Rp500 juta secara bertahap,”terangnya.

Pengiriman atau transfer dana desa akan langsung ke rekening desa, tidak melalui rekening kabupaten/kota ini. Untuk itulah, kebijakan ini memerlukan kesiapan perangkat desa dan revisi undang-undang desa.

“Kegiatan bimbingan teknis administrasi desa ini salah satunya untuk mewujudkan sumber saya aparatur desa demi tercapainya pengelolaan administrasi desa yang baik dan tertib,”tukasnya. (amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "2016, Dana Desa Ditransfer Sekaligus ke Rekening Desa". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!