Gempa 6.9 SR Goyang Maluku, BNPB Tegaskan Tak Akan Terjadi Tsunami

Jakarta – Satu lagi wilayah di Indonesia diguncang gempa berkekuatan tinggi. Maluku Tengah baru saja diguncang gempa hingga 6.9 Skala Richter atau SR. Guncangan gempa terasa kuat hingga beberapa warga merasa panik serta berlarian menuju ke luar rumah. Menanggapi bencana alam ini, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho segera memberikan pernyataannya.

“Pusat gempa termasuk dangkal sehingga gempa dirasakan lumayan kuat terutama di daerah Ambon, Maluku Tengah sampai Banda selama tiga sampai lima detik. Masyarakat panik, beberapa berhamburan keluar dari rumah dan kebanyakan berada di jalanan,” terangnya pada Rabu (9/12/2015).

Gempa sendiri diketahui terjadi pada pukul 17.21 Waktu Indonesia Barat. Pusat gempa diketahui berada di daerah Laut Banda dengan kedalaman sepuluh kilometer di sebelah tenggara wilayah Maluku Tengah, atau sama dengan seratus lima puluh sembilan kilometer di sebelah tenggara Ambon.

Gempa Maluku 09 Desember 2015

Gempa Maluku 09 Desember 2015. (ilustrasi)

Lebih lanjut, Sutopo menegaskan jika gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Bencana tsunami memang menjadi momok utama bagi daerah di pesisir pantai yang terguncang gempa. Hingga berita ini diturunkan juga belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan maupun jumlah korban.

Badan Penanganan Bencana Daerah atau BPBD di Provinsi Maluku serta BPBD di Kabupaten Maluku Tengah tengah melakukan pemantauan pada lokasi terjadinya gempa. Hal ini untuk memastikan ada atau tidaknya korban jiwa, kerusakan apa saja yang terjadi serta memperkirakan berapa besarnya kerugian yang diderita dari gempa ini.

Intensitas gempa sendiri dirasakan sampai sebesar II-IV MMI pada wilayah Ambon, IV-MMI pada wilayah Banda serta II-III MMI pada wilayah Masohi. Pada umumnya, bangunan akan rusak berat jika intensitas gempa lebih besar dari VI MMI. Jika dilihat dari intensitas yang terjadi pada ketiga wilayah tersebut, kemungkinan besar tidak ada kerusakan berat yang terjadi.

Indonesia memang menjadi salah satu negara langganan gempa. Hal ini karena letak geografis Indonesia serta jumlah gunung berapi aktif yang cukup banyak. Sebelum gempa di Maluku ini, sebelumnya diberitakan pula terjadi guncangan gempa di Alor, Nusa Tenggara Timur,  Jakarta dan Gempa 6 Skala Richter di Mandailing Natal yang terjadi bulan lalu.

Gempa 6.9 SR Goyang Maluku, BNPB Tegaskan Tak Akan Terjadi Tsunami,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: