Internet dan Sains
Tren

Bantuan BPJS Kesehatan Rp3.350.000 Beredar di WhatsApp, Ini Faktanya!

JBerita.com – Beredar pesan mengenai Bantuan Sosial Tunai dari BPJS Kesehatan sebesar Rp3.550.000 di WhatsApp dan Facebook. Pesan tersebut ramai dan terus dibagikan hingga malam ini. Dalam pesan tersebut, mereka yang bekerja antara tahun 2000 hingga 2021 berhak mendapat dana bantuan BPJS Kesehatan.

Dibagian akhir pesan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan itu mengajak untuk mengecek apakah nama si penerima sudah terdaftar dengan cara mengujungi tautan yang tertera.

Bantuan BPJS Kesehatan Sebesar Rp3.550.000.
Pesan Bantuan BPJS Kesehatan Sebesar Rp3.550.000 di WhatsApp.

Tautan tersebut bukan merupakan tautan resmi website BPJS Kesehatan yang menggunakan akhiran domain resmi Indonesia yaitu .go.id. Tetapi menggunakan akhiran domain murah dan gratisan seperti .tk, .club, .xyz dan lain sebagainya.

Website Bantuan Sosial Tunai BPJS Kesehatan
Website Bantuan Sosial Tunai BPJS Kesehatan Palsu.

Apabila di buka, penerima pesan akan diarahkan ke website dengan logo BPJS Kesehatan diatasnya. Kemudian penerima diarahkan untuk memberikan jawaban atau konfirmasi mengenai masa kerja, usia, dsb.

Bantuan BPJS Hoax
Bantuan BPJS Hoax.

Untuk mendapat bantuan BPJS Kesehatan, diakhir pertanyaan, penerima pesan diperintahkan untuk membagikan tautan dan pesan tersebut ke 5 grup dan 20 teman. Apakah benar atau hoaks?.

Fakta Bantuan BPJS Kesehatan

Dari hasil penelusuran, bukan hanya kali ini saja pesan dengan iming-iming bantuan BPJS Kesehatan menjadi viral. Sebelumnya ada juga pesan bantuan BPJS Ketenaga Kerjaan, hingga undian yang mengatasnamakan Alfamart, Telkomsel, dan lain sebagainya. Modus pelaku sama, yaitu menggunakan metode pesan berantai dan menggunakan website palsu.

Sementara pihak BPJS Kesehatan sudah memberikan konfirmasi jika pesan yang beredar di WhatsApp dan Facebook mengenai bantuan BPJS Kesehatan adalah tidak benar atau hoaks.

Melansir dari laman K0mpas, M Iqbal Anas Ma’ruf selaku Kepala Humas BPJS Kesehatan menyatakan jika informasi dan pesan tersebut dipastikan hoaks. “Dapat kami pastikan itu hoaks, murni hoaks,” kata Iqbal.

Dia menegaskan jika pihak BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan berupa bantuan sosial tunai kepada para peserta BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan seperti itu,” terangnya.

Untuk mengetahui informasi resmi terkait BPJS Kesehatan, masyarakat bisa mengakses website resmi BPJS Kesehatan di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id atau langsung menghubungi care center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400 untuk menghindari penipuan dan pencurian data.

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Bantuan BPJS Kesehatan Rp3.350.000 Beredar di WhatsApp, Ini Faktanya!". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!