Nasional

Nurul Aman: Pertahankan WTP, Kelola Keuangan Daerah Secara Akuntabilitas

MUARA ENIM – Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman mengatakan, Pemkab akan terus mendukung akuntabilitas dan tatausaha pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar.

“Hal ini supaya dapat mempertahankan penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang telah diraih oleh Pemkab Muara Enim,” ujar Nurul dalam sosialisasi Perda Pengelolaan Keuangan Daerah di gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, kemarin (28/12).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muara Enim Armeli Mendri  mengatakan, diperlukan pemahaman dan persamaan persepsi dalam pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah.

Otonomi daerah memberikan kewenangan pemerintah daerah untuk mengelola keuangan daerah secara baik. Dana bisa dari APBD maupun dari APBN,” ucapnya.

Dr Haryanto, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, yang menjadi narsumber mengatakan, seluruh pengelola keuangan daerah harus memahami peraturan keuangan yang baru ini.

Sebab, antara Perda yang lama dengan yang baru relatif tidak terlalu banyak berubah, yang paling banyak berubah pada sisi pelaksanaan laporan. Di tahun 2015, sudah menerapkan Akutansi berbasis Akrual.

“Kita wajib memahami dan mengetahui peraturan keuangan daerah ini, supaya tidak berhadapan dengan aparat penegak hukum, polisi, jaksa dan KPK,” tukasnya.(amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close