Nasional

Eem Ibrahim: Banyak Koperasi “Mati Suri”

MUARA ENIM – Banyak koperasi di Kabupaten Muara Enim yang tidak aktif alias mati suri. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muara Enim Drs Darmawan.

“Ada 471 koperasi yang terdaftar, namun yang aktif 312 koperasi, dan saat ini cuma 60 koperasi yang bisa menjadi andalan,”jelas Darmawan dalam Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Muara Enim, kemarin (13/1).

Dijelaskan, saat ini koperasi hanya sekedar nama, sedangkan kepengurusannya tidak memenuhi syarat.

“Banyak koperasi yang mati suri dan berupaya kita hidupkan lagi. Ada koperasi yang tinggal hanya ketua dan wakilnya saja. Kegiatan tidak ada, jadi kalau ada koperasi yang tidak berkualitas bakal kita bubarkan, namun prosedur pembubaran tidak semudah itu, karena sudah tercatat dalam lembaran negara,” jelasnya.

Pelantikan Eem Ibrahim Sebagai Ketua Dekopinda Muara Enim Periode 2016-2020
Pelantikan Eem Ibrahim Sebagai Ketua Dekopinda Muara Enim Periode 2016-2020

Menurutnya syarat pendirian koperasi minimal 20 anggota. Koperasi ada empat yakni koperasi jasa, koperasi simpan pinjam, koperasi roduksi, koperasi konsumen.

Dalam Musda, Eem Ibrahim yang terpilih sebagai ketua Dekopinda Muara Enim periode 2016-2020 menggantikan Cek Ali.

“Ke depan saya akan menghidupkan kembali koperasi yang sempat mati suri. Pembinaan dan pelatihan akan terus ditingkatkan,” ujar Eem.

Anggota Komisi IV DPRD Muara Enim Umam Fajeri mengatakan, Dinas Koperasi dan Dekopinda Muara Enim merupakan mitra kerja Komisi IV. “Kita akan terus bersinergi supaya perkoperasian di Muara Enim semakin maju dan berkembang,” pungkasnya. (Amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close