Nasional

Air Naik 2 Meter, Warga Gunung Megang Beraktifitas Naik Perahu

MUARA ENIM – Banjir yang melanda Kabupaten Muara Enim, salah satunya terjadi di wilayah Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang. Senin (25/1), di lokasi itu ketinggian air sudah mencapai dua meter. Tapi anehnya tak sedikit warga yang masih ingin bertahan di rumahnya.

Warga desa yang berada di bantaran sungai Lematang ini itu menggunakan perahu milik sendiri untuk beraktifitas ke pasar dan ke sekolah. Teguh, Kepala Desa Gunung Megang Dalam mengatakan, banjir ini disebabkan air Sungai Lematang yang meluap dengan ketinggian hingga dua meter.

“Sampai tadi pagi (kemarin, red), air sudah naik dua meter. Sebelumnya banjir hanya 50 sentimeter saja,” ujar Teguh.

Menurut Teguh, warga memilih bertahan dan banyak beraktifitas di dalam rumah dalam kondisi rumah terendam. “Warga sudah menyiapkan perahu sendiri, karena memang banjir seperti ini sudah tradisi tahunan,” jelasnya.

Meski kebanjiran, namun air tidak sampai masuk ke dalam rumah warga. “Sebab, rumah warga rata-rata berbentuk panggung dan air hanya berada di bawah rumah dan di jalan,” ungkapnya.

aktifitas warga saat banjir
Air Naik 2 Meter, Warga Beraktifitas Naik Perahu.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Megang AKP Indra Kusuma mengatakan, sejauh ini pihaknya berkoordinasi dengan Pemkab dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Namun belum ada evakuasi terhadap warga, karena warga masih bisa beraktifitas dan air tidak masuk ke dalam rumah sehingga bahan makanan dan barang di dalam rumah masih aman,” jelasnya.

Kepala BNPB Muara Enim Sastro Alimanudin mengatakan, hujan terus mengguyur wilayah Muara Enim. Dampak yang terparah ialah warga yang tinggal di bantaran Sungai Lematang.

“Untungnya, seperti di Desa Gunung Megang Dalam setiap rumah rata-rata memiliki perahu. Perahu sampan itu disimpan di rumah dan digunakan ketika banjir akibat Sungai Lematang meluap,” terangnya. (amr)

Topik
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

DISKUSI dan KOMENTAR

Back to top button
error: Content is protected !!
Close