Nasional

Jalan Tengah Kota Berlubang, A. Yani: Itu Wewenang BBPJN

MUARA ENIM – Jalan di tengah kota Muara Enim saat ini didapati banyak yang berlubang. Lubang terbanyak di dapati di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, dimana lubang menganga dan dalam lubangannya sangat mengkhawatirkan keselamatan pengguna jalan karena cukup lebar dan dalam.

Pengendara motor dikhawatirkan terperosok di jalan itu. Lubang yang sama didapati di Jalam Jenderal Sudirman, tepatnya depan terminal bawah di bundaran air mancur (BAM) atau depan Stasiun Kereta Api Muara Enim. Jalan- jalan tengah kota itu berlubang akibat diguyur hujan yang terus menerus belakangan ini.

Beberapa pengguna jalan mendesak Dinas PU Bina Marga Muara Enim untuk memperbaiki jalan-jalan itu dengan cara ditutup batu lalu diaspal. “Kami berharap ditampal jalan yang berlubang. Karena ini bisa membahayakan pengendara. Apalagi jalan yang rusak ada di pusat kota,” ujar Erma, seorang warga Muara Enim, Kamis (17/3).

Jalan Jend. Sudirman Muara Enim Berlubang
Jalan Jend. Sudirman Muara Enim Berlubang.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Muara Enim Ir Ahmad Yani Heriyanto mengatakan, jalan yang berlubang di simpang BAM depan terminal dan Jl SMB II merupakan jalan nasional yang menjadi wewenang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). “Namun kerusakan jalan itu sudah dipantau oleh pihak BBPJN, dan itu tiap tahun biasanya ada pemeliharaannya. Itu nanti dalam waktu dekat akan diperbaiki BBPJN karena merupakan jalan lintas sumatera,” ujar Ahmad Yani.

Untuk perawatan jalan-jalan tengah kota itu membutuhkan perhatian, karena sebulan setelah ditambal, rusak lagi. Lebih-lebih di musim penghujan seperti sekarang ini. Tidak lama setelah ditambal, bisa berlubang lagi. (amr)

 

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jalan Tengah Kota Berlubang, A. Yani: Itu Wewenang BBPJN". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!