Nasional

6495 Keluarga di Muara Enim Bakal Terima Dana PKH

MUARA ENIM  – Sebanyak 6495 keluarga diseluruh Kecamatan Kabupaten Muara Enim  bakal menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahap pertama dari Kementrian Sosial ditahun 2016.  Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Muara Enim, Drs Teguh Jaya melalui Kasi Sosial Korban Bencana, Indaria mengatakan bantuan PKH yang disalurkan tersebut untuk meningkatkan kualitas kesehatan, pendidikan dari keluarga kurang mampu.

“Bantuan uang ini merupakan Program Kementrian Sosial RI untuk keperluan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, menyusui, serta balita dan anak sekolah dasar hingga menengah pertama,” kata Indaria.

Menurut dia, penerima bantuan PKH dipilih berdasarkan mekanisme pemilihan Badan Pusat Statistik (BPS) yang terdaftar sebagai peserta rumah tangga sasaran (RTS) dan bersyarat harus ibu hamil, menyusui dan memiliki anak sekolah. Adapun jumlah penerima PKH di Muara Enim tahun 2016 ini dipastikan mencapai 6495 keluarga dari total penerima tahun lalu mencapai 8165.

Kasi Sosial Korban Bencana Dinas Sosial, Indaria
Kasi Sosial Korban Bencana Dinas Sosial, Indaria.

“Jumlah penerima ini bukan berkurang, tetapi karena beberapa keluarga yang sebelumnya terdata tidak termasuk lagi kategori layak untuk tahun ini,” ucapnya.

Indaria menuturkan, penerima PKH akan ditentukan berdasarkan persyaratan utama yakni keluarga yang memiliki ibu hamil, menyusui, anak sekolah dasar dengan penghasilan 500 ribu/perbulan.Sementara mengenai nilai bantuan yang diberikan bervariasi, mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung dari jumlah anggota keluarga.

Lebih lanjut, kata Indaria, kementrian sosial kembali meningkatkan nilai bantuan khusus ibu hamil yang sebelumnya sebesar Rp 1 juta menjadi Rp 1,2 juta. Menurutnya Kenaikan bantuan ditujukan agar ibu hamil dan anak bawah lima tahun (balita) bisa mendapatkan asupan gizi mencukupi.

Penerima dana bantuan PKH itu, dapat mengambil uang di Kantor Pos terdekat dengan membawa bukti identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga maupun SIM dan kartu PKH. “Pemberian dana PKH akan disalurkan selama 4 tahap atau 3 bulan sekali, kita perkirakan dana PKH ini akan cair dalam waktu dekat dipertengahan bulan ini,” pungkasnya. (Amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "6495 Keluarga di Muara Enim Bakal Terima Dana PKH". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!